Mahfud Sentil Penambahan Menteri hingga Bagi-bagi Jabatan Usai Pilpres

Ade Rosman
7 Mei 2024, 11:22
Calon Wakil Presiden Mahfud MD
Antara
Calon Wakil Presiden Mahfud MD
Button AI Summarize

Mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan cara berpolitik di Indonesia belakangan dalam kondisi yang tak bagus. Ia yang sebelumnya maju sebagai calon wakil presiden dalam konternaso pilpres 2024 menyinggung adanya budaya bagi-bagi jabatan dan penambahan kursi menteri tiap usai Pemilu digelar.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengatakan, seharusnya kondisi yang baik seperti itu. Ia menilai selama lima kali pemilu selalu terjadi perubahan nomenklatur kementerian dan lembaga yang diikuti dengan penambahan jumlah pejabat. 

"Seharusnya tidak sampai ke situ politik itu. Ya sudahlah, menang, ya menang, lakukan sesuai dengan kembali ke yang profesional," kata Mahfud seperti dikutip Selasa (7/5). 

Menurut Mahfud, seharusnya usai Pilpres digelar para tokoh lebih fokus pada upaya membangun bangsa. Ia pun menyatakan dirinya akan kembali ke dunia akademisi sebagai bentuk upaya menjaga hukum di Indonesia.

Mahfud mengatakan ia menjadi punggawa yang menjaga agar penegakan hukum tetap berjalan sebagaimana mestinya tak tidak dibelokkan kepentingan politik. Keinginan itu menurut Mahfud relevan dengan situasi yang saat ini berkembang, 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...