Biaya Naik Haji yang Perlu Disiapkan oleh Jemaah Sebelum Berangkat

Anggi Mardiana
16 Mei 2024, 22:26
Biaya Naik Haji
Freepik.com
Biaya Naik Haji
Button AI Summarize

Biaya naik haji bisa dipersiapkan terlebih dahulu sebelum menunaikan ibadah haji. Biaya haji memakan budget tidak sedikit. Selain biaya perjalanan, kita perlu mengetahui beberapa biaya lain yang juga masuk dalam perhitungan.

Besaran biaya ibadah haji tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2024 Tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi. Biaya tersebut ada yang bersumber dari Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Nilai Manfaat. Biaya haji tertinggi ada di embarkasi Surabaya, sebesar Rp 60,5 juta, sedangkan terendah di embarkasi Medan sebesar Rp 51,1 juta.

Biaya naik haji 2024 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun ini, pemerintah menetapkan biaya sebesar Rp 56 juta, dari Rp 49,8 juta pada tahun 2023. Besar biaya tersebut merupakan 60% dari jemaah haji, dan 40% sisanya ditanggung oleh pemerintah dari nilai manfaat. Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2024 mencapai Rp 93.410.286 per jemaah.

Beberapa Biaya Naik Haji yang Perlu Disiapkan oleh Jemaah

Biaya Haji yang Perlu Disiapkan
Biaya Haji yang Perlu Disiapkan (Freepik.com)

Biaya naik haji berikut mencakup beberapa biaya yang perlu Anda siapkan sebelum pergi ke tanah suci. Selain biaya perjalanan, pertimbangkan juga beberapa biaya tambahan ini yang mungkin diperlukan:

1. Biaya Paket Perjalanan

Biaya paket perjalanan haji harus dikeluarkan bergantung pada paket ibadah haji yang dipilih. Indonesia memiliki dua jenis paket haji yaitu biaya haji reguler, mulai dari Rp 34 juta – Rp 39 juta (bergantung embarkasi keberangkatan) dan haji plus dengan biaya mulai Rp 75 juta - Rp 95 juta (bergantung lama calon jamaah berada di Tanah Suci).

Perbedaan harga kedua jenis paket haji ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti waktu tunggu keberangkatan jemaah haji, lebih pendek atau lebih lama. Selain itu, ada juga perbedaan dalam mengurus konsumsi sendiri atau disiapkan oleh pihak travel.

2. Biaya Perlengkapan Haji

Perlengkapan haji perlu dipikirkan karena bisa menunjang kelancaran ibadah haji. Beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan seperti seperti pakaian ihram atau gamis, sabuk, alat ibadah, jilbab hingga jaket.

3. Biaya Vaksin Meningitis

Sebelum melangsungkan ibadah haji, sebaiknya siapkan biaya vaksin meningitis terlebih dahulu. Berdasarkan informasi dari WHO (World Health Organization), Arab Saudi merupakan salah satu tempat endemik bagi penyebaran virus penyebab penyakit meningitis. Biaya vaksin meningitis 2024 mulai dari Rp 400 ribu an.

4. Biaya Syukuran

Syukuran merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan sebelum berangkat atau setelah pulang dari Tanah Suci. Jika Anda berencana mengadakan syukuran, sebaiknya hitung jumlah tamu yang akan diundang. Dengan mengetahui, banyak jumlah tamu, Anda bisa menghitung biaya yang harus disiapkan untuk membeli makanan dan minuman yang disajikan.

5. Biaya Oleh-oleh

Membawa pulang oleh-oleh dapat menjadi kebiasaan masyarakat saat berpergian, tidak terkecuali saat melangsungkan ibadah haji. Sebaiknya siapkan budget untuk membeli oleh-oleh bagi orang-orang terdekat. Jika orang yang akan diberi oleh-oleh cukup banyak, belilah oleh-oleh yang lebih murah.

6. Biaya untuk Keluarga yang akan Ditinggalkan Selama Ibadah Haji

Persiapan biaya naik haji yang juga perlu dipertimbangkan yaitu biaya untuk keluarga yang ditinggalkan selama ibadah haji. Biaya haji ini perlu disiapkan oleh Anda yang berperan sebagai pencari nafkah bagi keluarga. Siapkanlah anggaran sebagai biaya hidup rumah tangga.

Demikian beberapa biaya naik haji yang perlu disiapkan. Terlebih biaya perjalanan ibadah haji tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pemerintah telah menetapkan biaya haji 2024 untuk jemaah reguler rata-rata Rp 56 juta, dari 49,8 juta pada tahun 2023.

Editor: Safrezi

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...