Golkar Buka Peluang Raffi Ahmad Ikut Pilkada Jakarta atau Jawa Tengah

Safrezi Fitra
18 Mei 2024, 09:00
Golkar Buka Peluang Raffi Ahmad Ikut Pilkada Jakarta atau Jawa Tengah
Tangkapan Layar Instagram @raffinagita1717
Raffi Ahmad bersama Presiden Joko Widodo
Button AI Summarize

Partai Golkar menyatakan artis Raffi Ahmad memiliki peluang untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah dan DKI Jakarta tahun ini. Sejauh ini Golkar masih mempertimbangkan daerah mana yang akan dipilih untuk artis tersebut.

"Raffi Ahmad itu bisa on the way ke Jawa Tengah, bisa on the way ke Jakarta," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto usai acara pemberian dukungan kepada Khofifah dan Emil Dardak untuk Pilkada Jatim, di Jakarta, Jumat malam (17/5).

Di Jawa Tengah, Raffi Ahmad kemungkinan akan berpasangan dengan Bupati Kendal Dico Ganinduto. Sebelumnya, nama Raffi Ahmad muncul usai beredar video di media sosial yang memperlihatkan dia sedang menjalani pemotretan bersama kader Golkar Dico Ganinduto yang dikabarkan akan ikut Pilkada Jateng.

Sementara di DKI Jakarta, Raffi Ahmad bisa saja berpasangan dengan salah satu dari dua orang kader Golkar yang kemungkinan besar akan dicalonkan. Keduanya adalah mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan pengusaha Erwin Aksa.

Hingga saat ini Partai Golkar masih belum menentukan siapa yang akan diusung untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Namun, Airlangga menjelaskan bahwa Ridwan Kamil atau RK telah mendapatkan dua surat tugas dari partainya, yakni untuk Pilkada Jakarta dan Pilkada Jawa Barat.

Selain RK, Partai Golkar turut mempertimbangkan peluang Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis Erwin Aksa untuk maju pada Pilkada Jakarta.

Ada juga nama-nama dari partai lain yang potensial diusung. Airlangga mengaku partainya juga mempertimbangkan usulan nama dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI Jakarta.

"Nanti kami akan bahas karena di sini ada yang ganteng juga, namanya Erwin Aksa. Apalagi Airin (Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar Airin Rachmi Diany) juga ada," ujarnya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...