Tes Ombak Pilgub Jakarta, Gerindra Jagokan Ponakan Prabowo-Raffi Ahmad

Ade Rosman
28 Mei 2024, 16:41
Pilkada Jakarta
instagram @sufmi_dasco
Budisatrio Djiwandodo - Raffi Ahmad
Button AI Summarize

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengunggah foto Budisatrio Djiwandono bersama Raffi Ahmad di akun Instagram pribadinya. Budi yang merupakan keponakan Prabowo Subianto itu saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Menurut Dasco unggahan foto Budi dan Raffi itu berkaitan dengan momen pemilihan kepala daerah Jakarta yang akan berlangsung 27 November mendatang. "Tes ombak," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/5).

Dasco tak merincikan daerah mana yang dibidik Gerindra dengan unggahan tersebut. Meski begitu nama Budi sebelumnya memang telah disebut-sebut oleh sejumlah politikus koalisi pendukung Prabowo akan diusung di Jakarta. 

Ketua DPP Partai Amanat Nasional Saleh Daulay sebelumnya mengatakan Budi dan Raffi merupakan sosok yang bisa diusung. Nama Budi pun sebelumnya disebut-sebut masuk dalam salah satu nama yang diusulkan DPD Gerindra Jakarta ke DPP Gerindra untuk jadi calon kepala daerah.

Nama Raffi juga sempat mengemuka bakal diusung di Pilkada Jawa Tengah mendampingi Dico Ganinduto. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sempat menyinggung nama Raffi  sebagai calon kepala daerah baik untuk Jakarta maupun Jawa Tengah. 

Adapun Dasco tak menjelaskan lebih rinci pilkada yang dibidik untuk mengusung Budi - Raffi. Dasco hanya mengunggah foto Budi dan Raffi pada Jumat (24/5) lalu.

Dalam unggahan tersebut Dasco hanya memberi keterangan bendera Indonesia. Hingga Selasa (28/5) sore, unggahan itu telah mendapat lebih dari 6000 likes dan 630 komentar netizen. Dalam unggahannya itu, Budi dan Raffi sama-sama mengenakan pakaian rapi formal. 

Gerindra Godok Nama Calon di Pilkada Jakarta 

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan 4 nama yang diusulkan untuk menjadi bakal calon Gubernur DKI Jakarta di Pilkada serentak 2024. Nama-nama itu diungkapkan Riza dalam acara halal bihalal DPD Gerindra DKI di Tavia Heritage Hotel, Jakarta, Kamis (9/5).

"Kami kemarin Rapat dengan Pak Dasco (Sufmi Dasco Ahmad), Pak Muzani (Ahmad Muzani), dan lain-lain, diminta nama (cagub), saya bilang kita enggak usah ngusulin nama, ikut saja, tapi tetap harus usul nama," kata Riza.

Riza mengungkapkan DPD Gerindra DKI mengusulkan 4 nama untuk maju di pilgub Jakarta. Mereka adalah dua keponakan Prabowo Subianto,  Budisatrio Djiwandono dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rany Mauliani, dan mantan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

Budisatrio saat ini juga menjabat sebagai wakil ketua umum Gerindra. Sedangkan Rahayu pernah menjabat sebagai anggota DPR dari Partai Gerindra pada 2014-2019.

"Gerindra banyak kader-kader, bukan cuma 4 yang saya sampaikan banyak kader-kader yang siap untuk menjadi Gubernur maupun Wakil Gubernur dan kita siap memenangkannya," kata Riza.

Pada kesempatan yang sama, Dasco mengatakan, terdapat dua opsi Partai Gerindra dalam bursa calon di Pilkada DKI Jakarta. Ia menegaskan Prabowo telah mengantongi nama kandidat yang akan diusung.

"Ada dua opsi dua opsi itu salah satunya itu pasti ada kader Gerindra baik menjadi gubernur atau wakil gubernur dan itu akan dibawa ke dalam rapat koalisi," kata dia.

Opsi lainnya, kata Dasco, calon berasal dari partai koalisi yang kemungkinan akan tetap terjalin dengan Koalisi Indonesia Maju sebagai mana gelaran Pilpres 2024. 


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...