Khofifah - Emil Dardak Resmi Kantongi Dukungan PAN Maju Pilgub Jatim

Ade Rosman
3 Juni 2024, 16:06
PAN
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri), Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (tengah) dan Gubernur Jambi Fachrori Umar (kanan) bersiap untuk dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019).
Button AI Summarize

Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak untuk maju di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024. Dukungan tersebut resmi tercantum di Surat Keputusan (SK) yang diserahkan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas di markas PAN, Senin (3/6).

Menurut Zulhas pasangan Khofifah dan Emil Dardak terbukti bisa membawa Jawa Timur berkembang pesat. "Insyaallah lihat perkembangan sekarang hampir semua saya kira mayoritas masyarakat di Jawa Timur memang ingin Ibu Khofifah melanjutkan dengan pasangannya Emil Dardak," kata Zulhas.

Menteri Perdagangan itu mengatakan telah mengenal Khofifah cukup lama. Ia menilai pengalaman dan kemampuan Khofifah tak perlu diragukan. Terlebih, ia pernah menjadi bagian dari Komisi VI DPR RI yang kala itu diketuai Khofifah pada 2004 silam.

"Bu Khofifah kami tahu, mengabdikan seluruh hidupnya untuk kepentingan umat," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Khofifah mengucapkan terima kasih pada PAN yang konsisten memberi dukungan padanya dan Emil sejak Pilkada sebelumnya. Pada pilgub 2018 mereka berdua juga mengantongi dukungan dari PAN. 

“Saya ingin menyampaikan bahwa kami mendapatkan dukungan dari Partai Amanat Nasional tanpa mahar," kata Khofifah di Kantor PAN.

Dengan dikantonginya surat rekomendasi dari PAN itu, Khofifah berharap menjadi modal memperkuat konstituen di Jawa Timur. Ia bertekad bisa menang dan kembali memimpin Jawa Timur pada periode kedua. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pilkada serentak 2024 akan digelar pada 27 November 2024. Masa pendaftaran bakal calon kepala daerah dibuka pada 27 hingga 29 Agustus 2024. 

Saat ini belum ada partai yang mendeklarasikan dukungan untuk tokoh tertentu dalam pilkada. Nama-nama yang berada baru sebatas usulan sembari melakukan penjajakan untuk membangun koalisi di Pilkada.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...