Luhut Soroti Kinerja Bambang Susantono di IKN: Eksekusi Saja Tak Bisa

Ameidyo Daud Nasution
5 Juni 2024, 00:07
luhut, ikn, bambang susantono
ANTARA FOTO/Media Center World Water Forum 2024/Wahdi Septiawan/nym.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) menyampaikan keterangan pers seusai Pertemuan Tingkat Menteri World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali, Selasa (21/5/2024).
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyentil kinerja Bambang Susantono yang baru saja mundur dari posisinya sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Luhut mengatakan pengunduran diri pejabat merupakan hal yang biasa. Meski demikian, ia menyoroti keberanian pimpinan Otorita IKN untuk mengambil keputusan.

"Pembebasan lahan sudah saya pimpin rapatnya, tinggal eksekusi saja. Eksekusi saja tidak bisa, bagaimana," kata Luhut di Jakarta, Selasa (4/6) dikutip dari Antara.

Luhut mengatakan Kepala OIKN harus berani mengambil langkah karena kewenangannya sangat luas. "Tinggal keberanian untuk membuat keputusan," katanya.

Meski demikian, ia mengatakan pengunduran diri Bambang dan Dhony Rahajoe tak terkait target investasi ke IKN. Luhut juga membantah kedua pejabat IKN itu mundur karena masalah pembebasan lahan.

"Ya biasa, kalau dia merasa tak bisa melaksanakan tugasnya ya mundur," kata Luhut.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono (Rena Laila Wuri/Katadata)

Bambang Susantono juga telah buka suara usai dirinya mundur dari posisinya. Ia mengatakan akan terus membantu pengembangan IKN sebagai model kota
di masa depan.

Mantan Wakil Menteri Perhubungan itu juga mengucapkan selamat kepada Basuki Hadimuljono yang menjadi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Otorita IKN.

"Pembangunan IKN perlu bersama-sama kita dukung, IKN adalah simbol peradaban baru Indonesia pada 2045," kata Bambang dalam akun Instagramnya, Selasa (4/6).

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...