NasDem Resmi Usung Ilham Akbar Habibie Maju di Pilkada Jawa Barat

Ira Guslina Sufa
6 Juni 2024, 16:58
Nasdem
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) didampingi jajaran pengurus partai memberikan keterangan pers di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (17/5/2023).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) mengumumkan dukungan untuk Ilham Akbar Habibie maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Barat. Putra presiden RI ke-3 BJ Habibie itu menerima langsung mandat dari Surya Paloh di kantor DPP NasDem.

"Hari ini DPP Partai NasDem telah menetapkan arti kehadiran saudara sebagai calon gubernur atau wakil gubernur untuk Provinsi Jawa Barat," kata Surya Paloh dalam konferensi pers Kamis (6/6). 

Menurut Paloh, Ilham merupakan sosok yang pas dan mumpuni untuk menjadi calon kepala daerah di Jawa Barat. Ia meyakini Ilham memiliki pengalaman dan visi untuk memajukan Jawa Barat. Meski begitu ia tak menyebut secara spesifik apakah Ilham akan menjadi calon gubernur atau calon wakil gubernur. 

Surya Paloh mengatakan NasDem memiliki sejumlah kriteria dalam menetapkan calon kepala daerah yang akan diusung. Ia memastikan rekomendasi untuk Ilham tidak hanya didasarkan pada latar belakang dan kedekatan keluarga besar NasDem dengan sosok BJ Habibie. 

“Kami juga mempunyai keyakinan sepenuhnya, bahwasanya kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas yang anda miliki ini cukup mumpuni untuk memimpin Jawa Barat," ujar Paloh. 

Lebih jauh Paloh mengatakan NasDem akan menindaklanjuti dukungan untuk Ilham melalui koalisi strategis yang nanti akan dibentuk. Meski begitu ia tidak menjelaskan lebih rinci soal pembicaraan lanjutan dengan koalisi strategis. 

Ia berharap dukungan terhadap Ilham akan mendapat hasil maksimal di Pilkada Jakarta. Adapun ketua DPW Jawa Barat Saan Mustopa mengatakan Jawa Barat memiliki nilai strategis lantaran terdapat banyak industri strategis. 

“Pak Ilham punya kompetensi untuk itu sehingga bisa membawa jawa barat lebih maju sebagai gerbang dari Indonesia,” ujar Saan.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...