Rapimnas PPP Fokus Bahas Pilkada, Tak Singgung Pergantian Ketua Umum

Ira Guslina Sufa
6 Juni 2024, 10:58
PPP
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono (kanan) didampingi Ketua Majelis Pertimbangan Partai Muhammad Romahurmuziy (kiri) dan Sekjen Arwani Thomafi (tengah) berfoto bersama kader pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jakarta, Jumat (16/6/2023).
Button AI Summarize

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) hari ini Kamis (6/6) di Tangerang. Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Arwani Thomafi mengatakan rapimnas fokus memperkuat keorganisasian dan eksistensi partai pasca tahapan pemilihan umum tahun 2024.

Menurut Arwani, Rapimnas juga merumuskan langkah-langkah strategis dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. "PPP memiliki 80 kursi DPRD provinsi serta 800 kursi DPRD kabupaten/kota se-Indonesia berdasarkan hasil dari pemilu 2024. Termasuk 12 kursi DPR RI. Ini modal yang kuat untuk Pilkada 2024," ujar Arwani seperti dikutip Kamis. 

 Lebih jauh Arwani mengatakan status Ketua Umum PPP yang masih pelaksana tugas (Plt) tidak akan dibahas di Rapimnas. Menurut Arwani, dalam rapat harian Ketua Umum menyampaikan bahwa pentingnya para kader menjaga komunikasi politik dan soliditas internal, sehingga perbedaan-perbedaan yang muncul tetap diletakkan dalam ruang konstitusional partai.

Di sisi lain, Arwani mengatakan DPP menyatakan komitmen untuk memberikan ruang terhadap para Ketua-ketua Majelis, Ketua DPW dan DPC se-Indonesia, untuk menyampaikan pendapat, dan aspirasi dalam rapat-rapat resmi partai. Rapimnas menurut dia termasuk agenda resmi yang menjadi ajang kader untuk menyatakan pendapat. 

"Kalau untuk membahas jabatan ketua umum itu kan ada di Muktamar PPP, bukan di Rakernas," tegas Arwani.

Adapun Rapimnas PPP akan dihadiri para Ketua Majelis Syariah, Ketua Majelis Kehormatan, Ketua Majelis Pakar, Ketua Majelis Pertimbangan, dan Majelis Mahkamah Partai. Selain itu, Ketua, Sekretaris, Bendahara dan pengurus harian DPP serta para ketua dan sekretaris DPW seluruh Indonesia juga akan hadir. 

Sementara itu, Ketua DPW PPP Kalteng Awaludin mengatakan, kehadiran Sekjen PPP di Palangka Raya pada Rabu (5/6) sebagai upaya memberikan pengarahan kepada seluruh anggota DPRD terpilih dalam pemilu 2024. Pertemuan juga menjadi forum silaturahmi dengan para bakal calon pilkada yang telah mendaftar ke partai ini.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...