Masuk Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Lolos ke Piala Asia 2027

Ameidyo Daud Nasution
11 Juni 2024, 22:05
timnas, piala asia, piala dunia
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Sejumlah pesepak bola Tim Nasional Indonesia berpose dalam pemotretan sebelum pertandingan uji coba melawan Tim nasional Tanzania di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (2/6/2024). Pertandingan tersebut menjadi laga pemanasan bagi Indonesia sebelum menjalani laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni 2024.
Button AI Summarize

Timnas Indonesia mendapatkan keuntungan ganda usai menundukkan Filipina dalam kualifikasi kedua Piala Dunia 2025, Selasa (11/6). Indonesia resmi menjadi peserta Piala Asia 2027 di Arab Saudi karena berada di posisi kedua Grup H kualifikasi kedua Piala Dunia.

Timnas dipastikan menduduki posisi dua Grup H dengan poin 10. Posisi Indonesia tak mungkin terkejar posisi ketiga Vietnam karena selisih empat poin. Sedangkan Vietnam hanya menyisakan satu pertandingan lawan juara grup Irak.

Indonesia menyusul 14 tim lainnya yang telah lolos ke Piala Asia 2027. Sedangkan posisi ketiga dalam kualifikasi kedua Piala Dunia 2026 tetap bisa lolos, namun mereka akan menjalani kualifikasi terpisah.

Tundukkan Filipina 2-0

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6), Timnas langsung ambil inisiatif untuk mencetak gol. Meski demikian, sejumlah peluang Tim Garuda patah di hadapan rapatnya barisan pertahanan Azkals.

Gol pertama tiba pada menit 32 lewat sepakan indah Thom Haye. Dalam sebuah skema serangan balik, pemain klub Liga Belanda Heerenveen ini meluncurkan tendangan melengkung dari luar kotak penalti. Bola gagal diamankan oleh kiper Filipina Kevin Ray Mendoza.

Usai gol pertama, Timnas tetap ambil insiatif untuk menyerang, namun tak ada gol tercipta hingga turun minum.

Babak kedua, Indonesia tetap mengepung Filipina lewat serangan yang digalang Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Marselino Ferdinan, dan Calvin Verdonk gagal merobek gawang Filipina.

Indonesia berhasil menjebol gawang Filipina lagi lewat gol Rizky Ridho pada menit 56. Lewat skema tendangan bebas, Nathan Thjoe-A-On memberikan umpan yang disambar sundulan Rizky Ridho. Skor menjadi 2-0.

Skor bertahan hingga pertandingan usai. Dengan hasil ini, maka Timnas dipastikan menduduki posisi dua Grup H dengan poin 10.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...