Gerindra Tak Takut Lawan Anies di Pilgub: Jakarta Ingin Sosok Baru

Ade Rosman
12 Juni 2024, 19:39
gerindra, anies, jakarta
Katadata/Wahyu Dwi Jayanto
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman
Button AI Summarize

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman optimistis kandidat yang diajukan partainya nanti dapat mengungguli Anies Baswedan jika berlaga di Pilkada Jakarta akhir tahun ini.

Habiburokhman berkaca pada kemenangan di dua Pilkada sebelumnya. Ia mengatakan Partai Gerindra mengusung Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada 2012 dan Anies - Sandiaga Uno pada 2017. 

"Saya paham banget situasi Jakarta yang menginginkan sosok yang baru, kebanyakan begitu," kata Habiburokhman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/6).

Habiburokhman mengatakan, masyarakat Jakarta pada dasarnya berwatak kritis. Hal itu yang menyebabkan tak pernah ada petahana di beberapa Pilkada terakhir.

"Dua periode sebelumnya tidak ada incumbent yang bertahan karena kritis sekali masyarakat Jakarta," kata dia.

Berdasarkan hal itu, Habiburokhman meyakini masyarakat Jakarta memerlukan sosok yang baru. "Kalau banyak janji tapi tidak perform maksimal, kita (Gerindra) bakal enggak akan dapat kepercayaan lagi," katanya.

Ia pun menyinggung jejak di Pilkada sebelumnya saat masyarakat terbelah ketika Anies berhadapan dengan Ahok. Menurut Habiburokhman, masyarakat ingin lepas dari sosok-sosok tersebut.

"Terbukti kan Anies saja (saat Pilpres 2024) kalah di Jakarta," katanya.

Di sisi lain, Habiburokhman menyebut nama Ridwan Kamil menjadi yang teratas kandidat bakal Cagub yang dijagokan partainya. Ia pun menyebut mantan Gubernur Jawa Barat itu condong untuk berlabuh di Pilkada Jakarta.

"Saya pikir kalau Pak RK itu bisa sangat kompetitif kalau dengan pak Anies," kata dia. 

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon Gubernur Jakarta di Pilkada November mendatang. Ketua Dewan Perwakilan Wilayah atau DPW DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas mengatakan dukungan ini sudah mendengar dukungan dari tingkat ranting, DPC hingga DPW.

Hasbiallah menjelaskan Anies dipilih karena PKB berpikir realistis. Sebelumnya, PKB sempat menyebut nama Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah hingga Hasbiallah sendiri untuk maju di Pilgub Jakarta.

Kendati demikian, survei internal PKB menyebut Anies sebagai calon terbaik. “Yang paham Daerah Khusus Jakarta ini Anies Baswedan, ini perlu dipertahankan. Supaya pembangunan tidak stagnan.” ujar dia di Kantor DPW PKB, Jakarta, Rabu (12/6). 


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...