Top News: Harapan PPP ke Senayan Pupus, GOTO Klarifikasi Rumor PHK

Aryo Widhy Wicaksono
14 Juni 2024, 05:55
Kader PPP
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono (kanan) didampingi Ketua Majelis Pertimbangan Partai Muhammad Romahurmuziy (kiri) dan Sekjen Arwani Thomafi (tengah) berfoto bersama kader pada pembukaan Rapimnas VI PPP di Jakarta, Jumat (16/6/2023).
Button AI Summarize

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) gagal mengirimkan wakil untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2024-2029. Hal ini karena pada Pemilu 2024 lalu suara mereka kurang dari ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPP hanya mengantongi 5.878.777 suara atau setara 3,87%.

PPP pun mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), tetapi hanya satu permohonan yang menurut hakim konstitusi layak ke tahap pembuktian.

Kemudian pada putusannya, MK menyatakan menolak gugatan tersebut sehingga memupus harapan para caleg PPP untuk menjadi wakil rakyat, Setelah 47 tahun selalu berkiprah di Senayan sejak pemilu 1977.

Kepastian PPP gagal masuk parlemen menjadi salah satu artikel terpopuler Katadata.co.id. Selain persoalan PPP, simak juga pernyataan GOTO terkait PHK karyawan Tokopedia, serta bagaimana Menteri Keuangan Sri Mulyani menyusun rasio pajak.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Sayonara PPP, Akhir Kiprah Partai Ka’bah di Panggung Politik Senayan

Hasil pemilu 2024 memaksa Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengurut dada. Setelah 47 tahun berkiprah di Senayan sejak pemilu 1977, kali ini partai berlambang ka’bah tak bisa mengirim wakil untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2024-2029.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPP hanya mengantongi 5.878.777 suara atau setara 3,87%.

Capaian ini tidak cukup membawa partai melenggang ke DPR sesuai syarat dalam Undang-Undang Pemilu yaitu minimal 4% secara nasional.

PPP tak terima hasil rekapitulasi KPU. Ketua Dewan Pimpinan Pusat partai Ahmad Baidowi mengatakan berdasarkan perhitungan internal partainya mengantongi 4,02% suara, cukup untuk syarat ambang batas parlemen.

Atas perhitungan itu, PPP pun mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pileg 2024 ke Mahkamah Konstitusi.

Sayangnya, dari total gugatan pileg DPR yang diajukan hanya 1 yang dianggap majelis hakim MK layak masuk tahap pembuktian yaitu untuk daerah pemilihan Jawa Tengah III.

Nyatanya, pada saat sidang putusan sengketa pileg yang berlangsung Jumat (8/6), MK menyatakan satu-satunya gugatan PPP untuk Pileg DPR itu ditolak. Kandas sudah harapan para caleg yang sudah mengantongi suara untuk syarat lolos ke DPR seperti dialami Baidowi.

2. GOTO Buka Suara Soal PHK Karyawan di Tokopedia

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memberikan klarifikasi atas rumor pemutusan hubungan kerja (PHK) yang akan menimpa karyawan PT Tokopedia.

Perusahaan teknologi itu juga membantah informasi mengenai rencana penghentian hampir 80% layanan Tokopedia.

Sekretaris Perusahaan GOTO RA Koesoemohadiani mengatakan perusahaan bukan pemegang saham pengendali minoritas.

Terkait kabar PHK massal tersebut, GOTO mengatakan bahwa Tokopedia terus melakukan tinjauan atas efektivitas dari organisasi mereka.

"Segala keputusan yang diambil oleh Tokopedia merupakan hal yang akan ditentukan secara penuh oleh manajemen perusahaan tersebut," kata Koesoemohadiani dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (13/6).

Dia mengatakan, GOTO meyakini manajemen Tokopedia dapat mengambil keputusan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian sehubungan dengan pengelolaan kegiatan usahanya.

GOTO menilai keputusan Tokopedia terebut dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai penilaian untuk memastikan hasil terbaik bagi Tokopedia dan seluruh pemangku kepentingan.

3. IHSG Dibayangi Pengumuman The Fed, Analis Rekomendasi ADRO hingga INDF

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG berpotensi konsolidasi di area 6.820 - 6.880 pada perdagangan Kamis (13/6).

Pergerakan IHSG dibayangi oleh setimen Bank Sentral AS, Federal Reserve, yang memutuskan untuk mempertahankan suku bunganya.

Seperti diketahui, The Fed baru saja memutuskan untuk mempertahankan suku bunganya pada level 5,25% hingga 5,5%. Namun, The Fed merevisi perkiraan penurunan suku bunga, dari sebelumya tiga kali menjadi hanya satu kali pada 2024.

Phintraco Sekuritas mengatakan, pergerakan IHSG juga dipengaruhi rilis data produksi manufaktur Eropa pada April 2024, yang diperkirakan akan meningkat 0,2% secara bulanan atau month on month (MoM) dari bulan Maret 2024.

"Namun, produksi manufaktur Eropa secara tahunan atau year on year (YoY) diperkirakan masih akan melambat di level -1,9%," tulis Phintraco Sekuritas, dikutip Kamis (13/6).

Phintraco Sekuritas merekomendasikan saham PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR), PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

4. Sri Mulyani Tolak Susun Rasio Pajak 23% seperti Target Prabowo

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menolak menyusun analisa kebijakan dan peta jalan (road map) untuk mencapai rasio pajak 12%-23% dari produk Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2025.

Padahal, rasio pajak tersebut merupakan target yang ingin dicapai oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

Target rasio pajak Prabowo juga termasuk tinggi, karena pencapaian Indonesia baru 10,21% pada 2023. Sehingga, Sri Mulyani menetapkan rasio pajak pada tahun pertama pemerintahan Prabowo pada kisaran 10,09%-10,29% di tahun 2025.

Hal ini tertuang dalam dokumen Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

Sri Mulyani hanya bersedia menyiapkan analisa kebijakan dan peta jalan, tanpa menyebutkan target secara spesifik. Dia khawatir akan menimbulkan misleading atau kesalapahaman jika target tinggi itu dimasukkan dalam kesimpulan rapat yang sifatnya mengikat.

5. Indeks S&P 500 Cetak Rekor Baru Setelah Pengumuman The Fed

Indeks bursa Amerika Serikat (AS) bergerak fluktuatif pada perdagangan Rabu (12/6), dengan S&P 500 melonjak ke rekor baru dan ditutup di atas 5.400 untuk pertama kalinya.

Hal ini menyusul pengumuman kebijakan terbaru Federal Reserve dan data inflasi bulan Mei yang menunjukkan pelonggaran tekanan harga.

Indeks S&P naik 0,85% dan ditutup pada 5.421,03. Sementara Nasdaq Composite menguat 1,53%, berakhir pada 17.608,44. Kedua indeks ini mencapai level tertinggi sepanjang masa dan mencatatkan rekor penutupan baru pada Rabu.

Sedangkan Dow Jones Industrial Average turun 0,09% atau 35,21 poin, menjadi 38.712,21. Di samping itu, Federal Reserve mempertahankan suku bunga tetap seperti yang diperkirakan.

Bank sentral juga menyebutkan adanya kemajuan untuk mencapai target inflasi 2%. Hal ini dengan catatan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, telah ada sedikit kemajuan lebih lanjut menuju inflasi 2% yang ditargetkan komite.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...