PAN: Koalisi Prabowo Bersepakat Usung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Juni 2024, 12:08
Ridwan Kamil
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (ketiga kiri) berbincang dengan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo - Gibran Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) saat meninjau pameran perusahaan rintisan digital di Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/1/2024).
Button AI Summarize

Sejumlah anggota partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) mulai menjalin komunikasi untuk melanjutkan kerja sama politik saat pemilihan presiden ke pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta. Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golkar sudah menyatakan kesepahaman untuk mendukung Ridwan Kamil menjadi calon gubernur. 

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan PAN dan Golkar sudah menjalin komunikasi. PAN pun berinisiatif untuk mengusulkan Ridwan Kamil kepada KIM untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jakarta. 

“Ya, saya mengusulkan Ridwan Kamil di Jakarta, semua setuju,” kata Zulhas di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (14/6).

Zulhas menambahkan, anggota partai politik KIM juga berupaya untuk menarik Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menjadi bakal calon wakil gubernur Jakarta. Meski ide tersebut pernah mendapat penolakan dari Jokowi, Zulhas mengaku KIM memerlukan Kaesang untuk memastikan kemenangan di Pilgub Jakarta. 

“Waktu itu saya lapor ke Pak Presiden kalau Kaesang maju boleh tidak? Pak Presiden bilang jangan. Tapi kan partai-partai perlu agar bisa menang,” ujar Zulhas.

Kans Berduet dengan Kaesang

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan sosok Ridwan Kamil memang dipersiapkan untuk maju dalam pemilihan kepala daerah tahun ini. “Pokoknya Ridwan Kamil dipersiapkan untuk melawan siapapun lawannya,” kata Airlangga.

Dia juga mengaku telah mempelajari peluang untuk menduetkan Ridwan Kamil dan Kesang sebagai pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jakarta. “Ya itu masih kami pelajari seluruhnya,” ujarnya.

KIM merupakan kumpulan partai politik yang mengusung pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. KIM beranggotakan Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Demokrat. Koalisi tersebut juga berisi sejumlah partai non parlemen seperti Partai Bulan Bintang, PSI, Partai Gelora, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima).

Sebelumnya, KIM secara ramai-ramai mendeklarasikan diri mendukung pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak agar dapat menduduki jabatan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur periode 2024-2029. Ini adalah periode kedua untuk mereka setelah sebelumnya menjabat gubernur dan wakil gubernur.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...