Cegah Antrean, Masjid Istiqlal Tak Bagikan Daging Kurban di Lokasi

Ameidyo Daud Nasution
16 Juni 2024, 22:42
daging, sapi, masjid istiqlal
ANTARA FOTO/Ampelsa/Spt.
Pedagang memasarkan ternak sapi untuk kebutuhan kurban menjelang hari raya Idul Adha di pasar hewan tradisiona
Button AI Summarize

 Masjid Istiqlal tak akan membagikan daging kurban secara langsung pada Idul Adha. Pihak masjid akan menyalurkan daging kepada penerima untuk mencegah antrean.

"Kami yang proaktif membagikan kepada seluruh stakeholder yang dibina Istiqlal," kata Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar di Jakarta, Minggu (16/6) dikutip dari Antara.

Selain itu, hewan kurban akan dikirim langsung ke beberapa tempat yang dibina Masjid Istiqlal untuk dipotong. Ini agar pihak penerima bisa menyaksikan sendiri pemotongan hewan kurban.

"Yang penting di sana steril," kata Nasaruddin.

Hingga saat ini, Masjid Istiqlal telah menerima 45 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Di antara hewan yang dititipkan ada yang berasal dari Presiden Joko Widodo hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Masih diharapkan bertambah karena pemotongan sampai hari tasyrik," kata Nasaruddin.

Sapi Limosin untuk Muhammadiyah 

Jokowi juga memberikan sapi limosin seberat 1 ton kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pemotongan hewan kurban akan dilakukan pada Selasa (18/6).

Penyembelihan akan dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) Cipulir. Alasan Muhammadiyah melakukan pemotongan hewan kurban di RPH karena aspek kesehatan dan efektivitas.

"Secara pribadi, saya cenderung (mendorong) pemotongan hewan kurban di RPH resmi, sehingga lebih terjamin kebersihannya," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti.

Abdul Mu'ti tak mempermasalahkan jika masyarakat berkurban di masjid atau lapangan. Namun ia meminta daging bisa disalurkan dengan cepat kepada para penerima.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...