Dampak Pusat Data Nasional Down, Layanan Paspor Belum Sepenuhnya Pulih
Pelayanan paspor di kantor imigrasi mulai pulih meski belum sepenuhnya normal. Layanan mulai berjalan usai berhenti karena gangguan sistem Pusat Data Nasional (PDN) pada Kamis (20/6).
Salah satunya Kantor Imigrasi di Sumatra Selatan. Saat ini, layanan keimigrasian Kelas I TPI Palembang dan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim sudah bisa berjalan, namun belum normal.
"Hari ini ada perkembangan/progress dari pemulihan gangguan PDN," ujar Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel K.A.Halim di Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (21/6) dikutip dari Antara.
PDN merupakan fasilitas untuk menyimpan, mengolah, hingga memulihkan data. Dengan adanya gangguan, layanan paspor dengan proses verifikasi elektronik berhenti.
Halim mengatakan dua kantor tersebut bisa sudah bisa melayani pelayanan paspor. Namun saat ini hanya bisa sampai biometrik, wawancara, dan pengambilan foto. Sedangkan untuk mencetak paspor masih menunggu perbaikan sistem rampung.
Halim meminta mashyarakat menunda pengurusan dokumen imigrasi jika tak terlalu mendesak. Hal ini sembari menunggu pemulihan terhadap gangguan sistem.
Sebelumnya, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengatakan server PDN yang mengalami gangguan berdampak pada seluruh layanan keimigrasian.
“Direktorat Jenderal Imigrasi akan segera menginformasikan kembali apabila sistem telah beroperasi dengan normal. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” kata Ditjen Imigrasi dalam unggahan di Twitter atau X @ditjen_imigrasi, Kamis (20/6).
Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim mengatakan imigrasi merupakan pengguna layanan PDN Kominfo. Menurutnya, ada 80 pelanggan Pusat Data Nasional yang terganggu akibat gangguan ini.
“Infonya kominfo sedang melakukan perbaikan,” kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (20/6).