PSI Beri Kejutan di Pilgub Jakarta, Kaesang Duet dengan Anak Zulhas?

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Juni 2024, 20:00
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berbincang dengan warga di Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/1/2024).
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/Spt.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berbincang dengan warga di Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/1/2024).
Button AI Summarize

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyebutkan akan ada kejutan pada Agustus 2024 terkait nama bakal calon Gubernur (Bacagub) DKI untuk mengikuti Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur atau Pilgub Jakarta. 

"Calon tentu saja masih sangat dinamis, seperti yang disampaikan ketum mas Kaesang di banyak pertemuan, yaitu tunggu kejutannya di Agustus," kata Ketua DPW PSI DKI Jakarta Elva Farhi Qolbina dalam kunjungan ke Gedung Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Jakarta, Selasa (25/6).

PSI dan NasDem bertemu membahas perhatian khusus pemimpin Jakarta berikutnya terutama menjelang Pilgub DKI. "Kami melakukan kunjungan silaturahmi politik kedua ke NasDem, setelah sebelumnya bersilaturahmi dengan PKS," ujarnya.

Kaesang dan Zita Anjani di Pilgub Jakarta

Dewan Pimpinan Wilayah (DWP) PAN Jakarta mengusung Kaesang Pangarep dan Zita Anjani sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada tahun ini.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas menilai positif usulan duet tersebut. "Ya namanya wacana boleh saja. Namanya usulan. Semua cocok-cocokan ya boleh-boleh saja," kata Zulhas di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (25/4).

Ketua DPW PAN Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio mengatakan partainya bakal memberi dukungan prioritas kepada bakal calon gubernur yang didukung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilkada Jakarta 2024.

Menurut Eko, warga Jakarta memiliki beragam pilihan nama calon untuk Jakarta, mulai dari Sohibul Iman, Ridwan Kamil, hingga Anies Baswedan. Eko mengatakan PAN masih menunggu arah dari KIM terkait nama yang akan didukung.

"Kami masih cair banget gitu ya, tetapi mungkin kami akan prioritaskan lebih ke KIM-nya, lebih ke Koalisi Indonesia Maju kira-kira mau diarahkan ke mana," kata Eko di Kompleks Parlemen Jakarta pada Selasa (25/4).

Walaupun begitu, PAN sudah memutuskan untuk menyodorkan nama Zita Anjani sebagai calon wakil gubernur. Menurutnya sosok politisi perempuan itu diproyeksikan oleh PAN untuk dipasangkan dengan siapa saja.

"Lebih bagus lagi tuh, Zita Anjani dengan Kaesang, Kaesang sebagai gubernur-nya, Zita sebagai wakil gubernur-nya, sama-sama muda, saling melengkapi, jadi buat saya menarik," ujarnya.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...