350 Orang Pesan Tiket Kereta Whoosh saat Libur Sekolah, Meningkat 20%

Ameidyo Daud Nasution
30 Juni 2024, 16:04
whoosh, kereta cepat, libur
Humas Kemenhub
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)
Button AI Summarize

PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) mengatakan sebanyak 350 ribu tiket kereta cepat Whoosh telah terjual pada periode libur sekolah. Angka tersebut meningkat 20% dari penjualan tiket pada hari biasa.

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan penjualan tiket kereta cepat pada 14 Juni 2024 hingga 7 Juli 2024 mencapai 18 ribu per hari. Ia mengatakan pada hari biasa, angka penjualan berkisar pada angka 16 ribu.

"Penumpang yang diberangkatkan hingga 28 Juni mencapai 283 ribu," kata Eva di Bandung, Mingu (30/6) dikutip dari Antara.

Lantaran banyak anak-anak bepergian, KCIC meminta orang tua mengawasi anaknya terutama saat menaiki tangga dan menunggu kereta. Eva juga meminta penumpang dengan kereta bayi dan koper untuk menggunakan lift.

"Jangan berjalan atau berada di belakang garis putih saat berada di peron," katanya.

Eva mengatakan sejak Whoosh dioperasikan perdana pada 17 Oktober 2023, jumlah penumpangnya telah mencapai 3,5 juta orang. Menurutnya, hal ini merupakan bentuk dari tingginya minat masyarakat atas transportasi umum yang modern.

"Harapannya semakin banyak masyarakat beralih dari transportasi pribadi ke transportasi publik," katanya.

Angka penumpang Whoosh telah meningkat sejak libur Idul Adha awal bulan ini. Kenaikan jumlah pemesan tiket kereta cepat pada periode libur Hari Raya tersebut mencapai 20%.

“Animo masyarakat untuk menggunakan Whoosh semakin hari semakin baik," ujar Eva dalam keterangan pers, Jumat (14/6).

Sedangkan KCIC melayani 222.309 penumpang Whoosh selama Lebaran 2024. Jumlah penumpang tertinggi mencapai 21.500 penumpang per hari. 

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...