Jokowi Terkejut Trump Ditembak, Sebut Tak Ada Tempat Bagi Kekerasan

Ameidyo Daud Nasution
14 Juli 2024, 17:32
trump, jokowi, penembakan trump
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat perayaan HUT Bhayangkara di Silang Monas, Jakarta, Senin (1/7). Foto: Youtube/Sekretarat Presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo kaget dan sedih atas penembakan calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Jokowi mendoakan Trump agar cepat pulih dari kejadian tersebut.

"Semua bentuk kekerasan tak punya tempat dalam demokrasi seluruh dunia," kata Jokowi dalam akun X, Minggu (14/7).

Banyak pemimpin dunia juga menyampaikan keprihatinannya atas penembakan kepada Trump. Perdana Menteri Inggris, Keir Starmer mengatakan kekerasan politik tak memiliki tempat di dunia.

"Saya terkejut atas apa yang terjadi pada kampanye Presiden Trump. Saya menyampaikan harapan terbaik bagi dia dan keluarganya," kata Starmer.

Begitu pula Presiden Cina Xi Jinping bersimpati atas apa yang terjadi pada Trump. Hal ini disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina dalam sebuah pernyataan.

"Cina memantau dengan cermat situasi penembakan mantan Presiden Donald Trump," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (14/7).

Donald Trump usai penembakan di Butler, Pennsylvania, Amerika Serikat, Sabtu (13/7). Foto: Instgram/Donald Trump Jr
Donald Trump usai penembakan di Butler, Pennsylvania, Amerika Serikat, Sabtu (13/7). Foto: Instgram/Donald Trump Jr (Instagram/Donald Trump Jr)

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menyebut percobaan pembunuhan kepada Trump adalah tragedi demokrasi. Ia mendoakan politisi Partai Republik itu agar cepat pulih.

"Prancis merasakan terkejut dan kemarahan rakyat Amerika," kata Macron.

Dikutip dari Reuters, penembakan terjadi saat Trump memulai kampanye di Butler, Pennsylvania. Usai penembakan, Trump terlihat memegang telinga kanan yang berdarah dengan kanannya sebelum berlutut di belakang podium.

"Saya tertembak dengan peluru yang menembus bagian atas telinga kanan saya," kata Trump di platform Truth Social miliknya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...