Profil Teguh Prakosa, Calon Plt Wali Kota Solo jika Gibran Mundur

Ameidyo Daud Nasution
16 Juli 2024, 12:56
Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa (tengah) bersama petugas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan sidak harga pangan di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Jumat (30/12/2022). Sidak pantauan harga dan ketersediaan komoditas bahan pangan tersebut di
ANTARA FOTO/Maulana Surya/rwa.
Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa (tengah) bersama petugas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan sidak harga pangan di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Jumat (30/12/2022).
Button AI Summarize

Gibran Rakabuming Raka dikabarkan akan mundur dari posisi Wali Kota Solo dalam waktu dekat. Ia mengundurkan diri untuk bersiap menjadi Wakil Presiden pada Oktober 2024.

Kabarnya, posisi Gibran akan digantikan wakilnya yakni Teguh Prakosa. Pemerintah Kota Solo juga telah membahas mekanisme tersebut dengan Kementerian Dalam Negeri.

Nantinya, pemkot akan mengirimkan surat ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Setelah itu, Pelaksana tugas Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi dan Kemendagri akan memberikan izin.

"Kalau (izin) sudah turun, Pak Wakil Wali Kota ditunjuk sebagai Plt Wali Kota," kata Sekretaris Daerah Kota Solo Budi Murtono di Solo, Jawa Tengah, Senin (15/7) dikutip dari Antara.

Guru Olahraga

Teguh Prakosa adalah politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Tokoh kelahiran 10 November 1958 itu merupakan Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo sejak 2005 hingga saat ini.

Sebelum berkarir di eksekutif, ia merupakan Anggota DPRD Solo selama tiga periode yakni 2009-2014, 2014-2019, dan 2019-2024. Bahkan, ia sempat menjabat sebagai Ketua DPRD Solo pada 2014 hingga 2019.

Sebelum menyelesaikan periode terakhir, ia digandeng Gibran menjadi Wakil Wali Kota Solo pada 2020. Pasangan ini diusung oleh seluruh partai politik melawan calon independen yakni Bagyo Wahyono dan FX Supardjo.

Sebelum berkarir di pemerintahan, Teguh merupakan seorang guru olahraga di SMK Bhineka Karya pada 1986 hingga 2009. Ia merupakan sarjana Fakultas Olahraga dan Kesehatan dari Universitas Sebelas Maret.

Sejak tahun lalu, Gibran memberikan sinyal Teguh mampu menjadi Wali Kota Solo berikutnya. Alasannya, Teguh berpengalaman di eksekutif dan legislatif. 

"Sudah khatam," kata Gibran kepada awak media pada 27 Februari 2023 lalu.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...