Jokowi Rencanakan Rapat Kabinet di IKN, Airlangga Belum Terima Undangan

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Juli 2024, 10:06
Menko Airlangga Hartanto IKN
Kemenko Perekonomian
Menko Airlangga Hartanto
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto belum mendapat kepastian akan rencana penyelenggaraan sidang kabinet di Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Hal itu lantaran ia hingga kini belum mendapat pemberitahuan resmi. 

"Belum mendapat undangan," kata Airlangga di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (26/7).

Narasi mengenai adanya kabar pelaksanaan sidang kabinet di Istana Kepresidenan IKN berawal dari rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkantor di bandar baru pada Juli ini. Kendati demikian, agenda tersebut hingga kini belum terlaksana.

Presiden Jokowi mengaku tidak ingin tergesa-gesa untuk menggelar rapat kabinet di Istana Kepresidenan IKN. Dia mengatakan masih menunggu kesiapan furnitur dan infrastruktur pendukung lainnya.

"Saya akan tetap melihat fasilitasnya sudah siap atau belum. Kalau kursinya belum ada, bagaimana duduknya? Masak sidang kabinet lesehan," kata Jokowi di Hotel The Ritz-Carlton Jakarta pada Kamis (25/7).

Jokowi mengatakan, sebenarnya fasilitas air minum sudah beroperasi di IKN. Meski demikian, ia baru akan mulai berkantor di IKN saat seluruh bangunan Istana Kepresidenan IKN rampung.

 "Saya tidak ingin memaksa menurunkan kualitas interior dan bangunan, tidak. Selama itu siap, saya akan masuk," ujarnya.

Jokowi berencana bertolak ke IKN pada Ahad (28/7). Presiden dijadwalkan menetap di IKN dua hari hingga akhir bulan. Pemerintah mulai melengkapi perabotan dan mebel di Istana menjelang upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan.

Jokowi mengatakan cuaca hujan deras di IKN memicu banyak pembangunan proyek infrastruktur tertunda. Kejadian tersebut ikut menangguhkan rencana Jokowi yang berencana untuk mulai berkantor di IKN pada Juli ini.

Hingga pertengahan Juli, Jokowi belum memberikan kepastian tegas ihwal keseriusan untuk berdinas di ibu kota baru. Dia mengatakan pasokan air minum dan aliran listrik di bandar baru sudah tersedia kendati masih dalam proses pemasangan. Selain itu, aliran listrik belum terpasang ke ruang-ruang bangunan di IKN karena kendala instalasi akibat hujan deras tersebut.



Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...