Prakiraan Cuaca Hari Ini, BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Kota

Ira Guslina Sufa
28 Juli 2024, 09:23
BMKG
ANTARA FOTO/Andri Saputra/Spt.
Seorang anak mendorong sepedanya di dekat perahu nelayan yang lego jangkar saat tidak melaut di Pantai Fitu, Ternate, Maluku Utara, Sabtu (13/7/2024).
Button AI Summarize

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi cuaca berawan dan cerah berawan di sejumlah kota Indonesia. Sementara itu wilayah tengah dan timur berpotensi mengalami hujan pada Minggu (28/7). 

Dikutip dari laman BMKG, prakirawan BMKG Andika F. Hapsari menyampaikan potensi hujan terjadi di kota Banda Aceh dan Medan. Sedangkan Tanjung Pinang mengalami kondisi berawan. Adapun Pekanbaru dan Padang akan berkabut. 

Andika mengatakan secara umum cuaca wilayah Sumatera secara umum diprakirakan cerah berawan. Awan tebal berpotensi menyelimuti Jambi dan Bengkulu mengalami hujan ringan. Sementara Palembang, Pangkal Pinang dan Bandar Lampung cerah berawan. 

Untuk wilayah Pulau Jawa daerah Serang, Jakarta dan Bandung berpotensi mengalami kondisi berawan. Sementara Semarang, Yogyakarta dan Surabaya mengalami cerah berawan. 

Cuaca berawan juga diprakirakan oleh BMKG terjadi di wilayah Denpasar dan Kupang. Sementara, di Mataram dapat mengalami kondisi cuaca udara kabur.

Di wilayah Kalimantan, hujan berpotensi turun di daerah Tanjung Selor dan Banjarmasin. Sementara itu, Pontianak diprakirakan mengalami kondisi udara kabur dan berawan di wilayah Samarinda dan Palangkaraya.

Adapun Manado, Gorontalo, Mamuju, Makassar dan Kendari berpotensi hujan dari intensitas ringan sampai sedang. Selanjutnya untuk kota Palu diperkirakan mengalami kondisi berkabut.

BMKG mengatakan terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan sampai sedang di wilayah Indonesia Timur terutama di Ambon, Nabire, Jayapura, Jayawijaya dan Merauke. Sementara Sorong mengalami kondisi berawan tebal dan Ternate berawan.

BMKG juga memperingatkan sejumlah wilayah Indonesia masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti Aceh, Kalimantan Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. Daerah lain dengan potensi hujan lebat adalah Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...