Kantor Presiden di IKN Diberi Nama Istana Garuda, Apa Beda dengan Istana Negara?

Ira Guslina Sufa
29 Juli 2024, 11:21
IKN
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Suasana Istana Negara dan Istana Garuda terlihat dari kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (28/7/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi nama gedung Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) Penajam Paser Utara (PPU) sebagai Istana Garuda. Di saat yang bersamaan ia menamakan istana kepresidenan IKN sebagai Istana Negara.

Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuldjono mengatakan pemberian nama itu disampaikan langsung oleh Jokowi. "Beliau menyampaikan, ini Istana Garuda, bukan Kantor Presiden lagi, tapi namanya Istana Garuda. Yang di bawah, Istana Negara," kata Basuki dalam konferensi pers di lobi Istana Garuda.

Istana Negara IKN, berupa bangunan megah yang menjadi kediaman resmi Presiden Indonesia. Bangunan ini terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Sedangkan, Istana Garuda berada tepat di belakang Istana Negara pada dataran lahan yang lebih tinggi. Bangunan tersebut menjadi tempat untuk Presiden berkantor.

Basuki yang juga menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut nama istana bagi fasilitas kegiatan Presiden itu sebagai official yang bisa dikenal masyarakat. Dengan adanya nama Istana Garuda maka terdapat dua istana yang berada di kawasan pusat IKN. 

Persiapan upacara HUT Ke-79 RI di IKN
Persiapan upacara HUT Ke-79 RI di IKN (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.)

Adapun Presiden Jokowi sudah memulai aktivitas sebagai kepala negara di IKN mulai hari ini. Jokowi dijadwalkan berkantor selama tiga hari hingga Rabu (31/7). Jokowi telah tiba di IKN sejak Ahad (28/7). 

Mulanya ia meresmikan operasional Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara.  Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan bahwa kegiatan kerja presiden di Istana Kepresidenan IKN identik dengan aktivitas kantor yang rutin dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta. 

Kegiatan diawali dengan menerima tamu audiensi dan rapat di ruang kerja di Kantor Presiden di IKN.  “Seperti kegiatan acara harian saat Bapak berkantor di Istana Merdeka Jakarta," kata Yusuf lewat keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (29/7). 

Pada hari ini, Jokowi dijadwalkan untuk menggelar rapat terbatas dengan jajaran Otorita IKN. Ia akan didampingi dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Selanjutnya jokowi akan menerima jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Kalimantan Timur. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu, Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...