Jokowi Dipastikan Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Pada 12 Agustus

Muhamad Fajar Riyandanu
1 Agustus 2024, 16:56
jokowi, ikn,sidang kabinet
Instagram/Joko Widodo
Presiden Joko Widodo saat berfoto di kamar tidurnya di Istana IKN, Kalimantan Timur. Foto: Instagram/Joko Widodo
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melaksanakan sidang kabinet di Istana Garuda, Komplek Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Senin, 12 Agustus mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, rombongan Presiden Jokowi akan berada di IKN sejak 11-14 Agustus. Adapun Basuki sudah bertolak ke IKN lebih dulu pada 9 Agustus.

"Tanggal 12 direncanakan untuk sidang kabinet di IKN," kata Basuki di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (1/8).

Setelah melaksanakan sidang kabinet, Jokowi akan menggelar pertemuan dengan para pejabat daerah, seperti gubernur, bupati dan wali kota ke IKN Nusantara pada 13 Agustus.

Basuki melanjutkan, Istana Garuda saat ini sudah siap untuk melangsungkan rapat kabinet. Beragam fasilitas layanan dasar seperti air minum dan listrik sudah terpasang seutuhnya. Begitu juga dengan furnitur meja, kursi dan pendingin ruangan atau AC yang sudah terinstal.

"Kalau soal prasarana, minimal jalan di sekitar kawasan Istana Negara dan Istana Garuda sudah selesai," ujar Basuki.

Basuki akan tinggal di rumah dinas menjelang pelaksanaan sidang kabinet. Ia mengatakan sudah ada 14 rumah dinas yang selesai dibangun, dengan spesifikasi tiga kamar tidur, 1 kamar utama dan dua kamar kecil.

"Saya menginap di rumah dinas. Mungkin menteri lainnya ada yang one day trip juga," kata Basuki.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan ada potensi pelaksanaan sidang kabinet paripurna di Istana Garuda IKN Nusantara beberapa hari sebelum Upacara HUT RI.

Jokowi mensyaratkan kondisi Istana Garuda harus komplit seutuhnya saat pelaksanaan sidang kabinet paripurna. Ia lalu menyinggung beberapa fasilitas yang menjadi syarat.

“Tidak hanya listriknya dan airnya, tapi juga AC, kursi, furniturnya. Semua harus komplit,” kata Jokowi seusai memberikan sambutan Pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia di Jakarta Convention Center pada Kamis (1/8).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...