Gibran Jajal Makan Gratis di Tangerang Senilai Rp 15 Ribu, Menunya Fuyunghai

Amelia Yesidora
5 Agustus 2024, 14:00
gibran, makan bergizi gratis, makan gratis
Katadata
Menu makan bergizi gratis di SDN 04 Tangerang, Banten. Foto: Amelia Yesidora/Katadat
Button AI Summarize

Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka meninjau uji coba makan bergizi gratis di SD 4 Tangerang, Senin (5/8). Dalam uji coba kali ini, Gibran mengatakan anggaran per porsi untuk makan gratis tersebut Rp 15.000. 

“Rp 15 ribu, pas ya. Memang tiap daerah kemungkinan harganya lain. Tapi kita pastikan kebutuhan gizi, nutrisi di tiap hari itu tercapai,” kata Gibran di SD 4 Tangerang, Banten, Senin (5/8). 

Masing-masing siswa SD 4 mendapat nasi putih, sepotong telur fuyunghai, dan sayuran capcai terdiri dari brokoli, tempe, dan wortel. Ada juga tiga potong melon dan satu kotak kecil susu.

Gibran menjelaskan program ini bakal melibatkan UMKM di sekitar sekolah agar menciptakan efek ekonomi. Tiap UMKM akan mendapat pesanan 100 porsi sehingga akan ada efek berganda.

 Putra sulung Presiden Joko Widodo itu telah beberapa kali menjajal program makan bergizi gratis.  Dalam pengujian di Kota Solo, menu yang diberikan adalah nasi, sayuran, ayam, pisang, dan susu dengan nilai Rp 14.900 per kotak.

"Tidak ada namanya anggaran Rp 7.500. Sekali lagi, untuk generasi muda, tidak boleh pelit," kata Gibran di SDN Tugu, Solo, Jumat (26/7) dikutip dari Antara.

Sedangkan anggaran program ini untuk tahun depan mencapai Rp 71 triliun. Direktur Penyusunan APBN Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Rofyanto Kurniawan, bilang program ini masuk pos anggaran kesehatan. 

 “Bidang kesehatan kita akan mengakselerasi penurunan stunting, menjaga kesehatan masyarakat. Termasuk memberikan makanan bergizi kepada masyarakat,” kata Rofyanto dalam Konsultasi Publik Rancangan Undang-Undang APBN Tahun Anggaran 2025, Selasa (30/7).

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...