Di Depan Cak Imin, Kaesang Mengaku Siap Lawan Anies dan Ridwan Kamil di Jakarta

Amelia Yesidora
6 Agustus 2024, 16:55
kaesang, pkb, psi
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kedua kanan) dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (kedua kiri) didampingi pengurus masing-masing partai menjawab pertanyaan wartawan usai pertemuan silahturahmi antar partai politik di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (6/8/2024).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI Kaesang Pangarep masih belum memutuskan apakah akan maju di Pilgub Jakarta tahun ini. Meski demikian, ia mengaku siap maju jika ada permintaan dari masyarakat.

Hal ini disampaikan Kaesang saat konferensi pers bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (6/8). Pertemuan keduanya membahas potensi kerja sama PSI dengan PKB, terutama untuk pemilihan kepala daerah.

“Tapi ketika ada permintaan dari masyarakat, terkhusus DKI Jakarta, saya siap. Siap melawan Pak Anies Baswedan, siap melawan Pak Ridwan Kamil,” kata Kaesang.

Di sisi lain, ia menyiratkan tidak akan maju di Pilgub Jawa Tengah. Putra bungsu Presiden Joko Wododo ini siap mendukung Kapolda Komjen Pol. Ahmad Luthfi untuk maju di Jateng.

 “Seperti yang saya bilang sebelumnya, Jawa Tengah ini rekomendasi dari PSI akan segera kami berikan ke Bapak Ahmad Luthfi,” katanya.

Adapun kunjungan Kaesang ke DPP PKB hari ini terkait dengan kerjasama di Pilkada serentak November mendatang. Bersama dengan petinggi PSI lainnya, mereka berbincang dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan petinggi PKB.

Ia datang dengan setelan santri, kemeja putih lengan panjang lengkap dengan sarung dan peci di kepala. Kaesang sempat bergurau bahwa ia datang dari Partai Santri Indonesia.

Kaesang juga mengatakan PSI dan PKB bekerja sama di sejumlah pilkada seperti Blora, Cilacap, hingga Lamongan. Ia berharap kerja sama ini bisa dilakukan di tempat lain.

“Saya berharap PSI bisa berkolaborasi lagi nanti di Jawa Tengah maupun DKI,” kata Kaesang.

Ajakan Kaesang ini disambut baik oleh Muhaimin. Ia menyatakan dua partai ini punya niat yang sama untuk bekerjasama di kehidupan politik, demokrasi, dan pemerintahan ke depan. Hal ini dimulai dari Pilkada yang pendaftarannya dimulai pada 27 Agustus mendatang.

 “Baik gubernur, bupati, ataupun wali kota di berbagai tempat,” katanya.

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...