Temui Cak Imin, Kaesang Ajak PKB Koalisi di Pilkada Jateng dan Jakarta

Amelia Yesidora
6 Agustus 2024, 17:05
kaesang, pkb, psi, cak imin
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (kiri) saat silahturahmi antar partai politik di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (6/8/2024).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, Kaesang Pangarep mengajak Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB berkoalisi dalam Pemilihan Kepala Daerah 2024. 

Tawaran itu disampaikan Kaesang kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat ia bertandang ke Dewan Pimpinan Pusat PKB, Selasa (6/8). 

"Saya berharap PSI bisa berkolaborasi lagi nanti di Jateng maupun di DKI," kata putra bungsu Presiden Joko Widodo itu di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (6/8).

Kaesang mengatakan saat ini PKB dan PSI telah berkoalisi di sejumlah pilkada. Ada tiga tempat yang disepakati kerja sama yakni Pilkada Blora, Cilacap, dan Lamongan.

 

Tawaran ini disambut baik oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Dia mengatakan tawaran kerja sama politik ini akan dibahas lebih lanjut.

“Kami menyambut baik tawaran kerja sama, komunikasi lebih detail dari beberapa kandidat atau calon pimpinan daerah baik gubernur, bupati, ataupun wali kota di berbagai tempat,” katanya.

Wakil Ketua DPR itu mengatakan sudah ada beberapa tempat yang punya peluang kecocokan untuk menjalin kerja sama. Namun, Cak Imin tidak menjelaskan lebih lanjut.

"Bahkan tadi sempat kita cocok-cocokan sudah ada kerja sama di berbagai kabupaten/kota," jelas Cak Imin.

Adapun kunjungan kali ini adalah kunjungan politik Kaesang dan PSI yang keempat, setelah PKS, Nasdem, dan Golkar. Saat berkunjung ke Nasional Demokrat, Kaesang didukung maju di Pilkada Jawa Tengah.

Usai berkunjung ke PKS, Kaesang didoakan sukses maju di Pilkada baik di Jakarta atau Jawa Tengah.  Saat bertemu Partai Golkar, Kaesang menyatakan berbeda arah dengan partai beringin untuk Pilgub Banten.

Kendati demikian, Golkar menyodorkan nama Jusuf Hamka untuk berpasangan dengan Kaesang di Pilgub Jakarta. Hingga kini Kaesang masih belum menyatakan akan maju di Pilgub Jakarta ataupun Jawa Tengah,

 

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...