Kamala Harris Pilih Gubernur Minnesota Tim Walz jadi Cawapresnya di Pilpres AS

Ameidyo Daud Nasution
7 Agustus 2024, 06:37
Calon Presiden AS Kamala Harris memilih Tim Walz sebagai calon Wakil Presidennya. Foto: Instagram/Kamala Harris
Instagram/Kamala Harris
Calon Presiden AS Kamala Harris memilih Tim Walz sebagai calon Wakil Presidennya. Foto: Instagram/Kamala Harris
Button AI Summarize

Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Kamala Harris resmi memilih Gubernur Negara Bagian Minnesota Tim Walz sebagai calon wakil presidennya.

Pengumuman ini disampaikan langsung Harris saat ia berkampanye di Pennsylvania, Selasa (6/8). Dalam kampanye, Walz juga hadir langsung di panggung bersama Harris.

Harris, di awal pidatonya mengatakan dirinya telah menemukan calon mitra untuk membangun masa depan Amerika Serikat.

"Pennsylvania, saya di sini hari ini karena saya menemukan pemimpin seperti itu, Gubernur Tim Walz dari negara bagian Minnesota yang hebat.” kata Harris dikutip dari Associated Press.

Harris mengatakan, Walz merupakan tokoh yang bukan sekadar Gubernur. Ia memuji mitranya, seorang mantan guru berusia 60 tahun, yang telah menyediakan makan gratis bagi anak-anak sekolah di Minnesota.

"Ia menolak membiarkan siswa kelaparan, jadi ia menyediakan sarapan dan makan siang gratis untuk setiap anak," kata Harris.

Selain itu, Harris juga mengatakan dirinya dan Walz memiliki latar belakang berbeda. Kamala Harris berasal dari Oakland, California, sedangkan Walz berasal dari Nebraska yang berada di kawasan Midwest AS.

"Walz dan saya mungkin berasal dari penjuru berbeda, tapi kami percaya pentingnya mengangkat manusia, bukan menjatuhkan," katanya.

Walz menyingkirkan nama-nama kandidat lain seperti Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, Senator Arizona Mark Kelly, hingga Gubernur Kentucky Andy Beshhear.

Pemilihan Walz juga disebut-sebut untuk mengimbangi suara Donald Trump yang cukup kuat di kawasan Midwest. Internal Demokrat berharap, Walz bisa mengembalikan suara calon pemilih yang hilang sebelum Joe Biden mundur dari pencalonan.

"Tim kampanye Harris, seperti kita semua, melihat betapa bersemangatnya Walz bagi basis pendukungnya.” kata sumber di Partai Demokrat seperti dikutip dari CNN.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...