Tokopedia Bentuk Tim dan Sediakan Fitur untuk Perangi Barang Impor Ilegal

Ade Rosman
8 Agustus 2024, 09:24
Ilustrasi Tokopedia
Fauza Syahputra|Katadata
Ilustrasi Tokopedia
Button AI Summarize

Tokopedia menyatakan bekerjasama dengan pemerintah dalam memerangi barang impor ilegal. Head of Communications Tokopedia and Shop Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, menyatakan Tokopedia memiliki tim yang bertugas menjaring kualitas barang, salah satunya berhubungan dengan standar nasional Indonesia (SNI).

Tokopedia pun menyediakan fitur laporan yang dapat digunakan masyarakat bila menemukan barang ilegal. Nantinya, berdasarkan laporan itu Tokopedia akan mengambil tindakan lanjutan.

"Komitmen kami bekerjasama dengan pemerintah apabila misalnya ada laporan yang terindikasi melanggar perundang-undangan atau melanggar intensi kondisi dari kami," kata Aditia di Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/8).

Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Barang Tertentu yang Diberlakukan Tata Niaga Impor atau Satgas Barang Impor Ilegal sebelumnya telah resmi dibentuk.

Pembentukan Satgas ditujukan agar memuluskan jalan pengawasan serta penanganan permasalahan impor.

Adapun, pembentukan Satgas Barang Impor Ilegal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perdagangan (Kemendag) Nomor 932 tahun 2024 yang ditetapkan mulai 18 Juli 2024.

Satgas Barang Impor Ilegal itu akan bekerja sampai 31 Desember 2024.


Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...