Para Menteri Mulai Datang ke IKN Besok, Menginap di Swissotel Nusantara

Agustiyanti
10 Agustus 2024, 21:49
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengecek rumput Istana Negara saat temu Pemred media di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (7/8/2024). Menko Polhukam menyatakan IKN sudah siap menyelenggarakan
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengecek rumput Istana Negara saat temu Pemred media di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (7/8/2024). Menko Polhukam menyatakan IKN sudah siap menyelenggarakan HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo akan menggelar sidang kabinet pertama dan perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT Kemerdekaan Indonesia di IKN Nusantara pada pekan depan. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan, para menteri kabinet akan mulai berdatangan ke IKN pada Minggu (11/8).

"Para menteri besok berdatangan ke IKN. Bermalam di Hotel Nusantara," kata Yusuf pada Sabtu (10/8), seperti dikutip dari Antara. 

Dia mengatakan, para menteri hadir di IKN untuk mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda IKN, pada Senin (12/8).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebelumnya mengatakan,  Sidang Kabinet Paripurna akan membahas hal-hal yang bersifat umum.  Pembahasan dalam sidang kabinet meliputi evaluasi pemerintahan pada tahun ini, terutama tahun terakhir Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Selain itu, sidang juga membahas perencanaan tahun depan termasuk transisi pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Adapun Hotel Nusantara yang dimaksud Yusuf adalah Swissotel Nusantara yang merupakan hotel berbintang lima pertama di IKN Nusantara. Hotel ini akan menjadi tempat bermalam para pejabat negara selama perayaan HUT RI. 

Director of Commercial Swissotel Nusantara Ari Putra Ervanto mengatakan, kamar di hotelnya sudah penuh dipesan oleh Sekretariat Negara dan akan diisi oleh para pejabat negara.  “Kami belum dapat daftar pastinya siapa saja yang menginap di sini, tetapi bakal ada gubernur dan menteri yang akan ikutan di acara 17 Agustus,” kata Ari dalam sambungan telepon dengan Katadata.co.id, Sabtu (10/8).

Ia menyatakan, hotel sudah siap beroperasi pada 17 Agustus mendatang, meski pembangunannya masih 90%. Menurut Ari, restoran dan kamar selaku fasilitas utama sudah selesai dibangun. Hanya tersisa area fungsional atau functional room yang masih dibangun.

Saat Katadata mencoba mengakses laman Swissotel Nusantara, belum ada informasi terkait harga kamar. Kendati demikian, manajemen hotel menyebut mereka bakal menyediakan harga khusus opening paling murah Rp 2,2 juta. Sementara kamar paling mahal atau tipe  presidential suite dibanderol Rp 20 juta. 

Untuk harga tamu kenegaraan dan total pendapatan hotel masih confidential. Tapi lebih mahal dari harga opening,” ujarnya.

Swissotel Nusantara sudah mulai dibangun sejak September 2023. Hotel tersebut kini memiliki total 191 kamar yang bisa menampung hingga 380 orang.

Ada lima jenis kamar yang ditawarkan Swissotel Nusantar, sebagai berikut:

  1. Twin Room dengan luas 32 meter persegi sebanyak 62 unit.
  2. Premier King Room dengan luas sama, tetapi jumlahnya lebih banyak yakni 102 unit.
  3. Grand Room dengan luas 51 meter persegi sebanyak 14 unit.
  4. Suite King seluas 66 meter persegi sebanyak 12 unit.
  5. Presidential Suite seluas 200 meter persegi.



 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...