Setneg Sediakan Kendaraan Bagi Warga Hadiri HUT RI di IKN, Siapa yang Bisa Ikut?

Ira Guslina Sufa
13 Agustus 2024, 18:41
IKN
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Presiden Joko Widodo (kelima kanan) menyampaikan pidato didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Agung (kelima kiri) Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (keempat kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (keenam kanan), Mensesneg Pratikno (ketiga kanan), Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni (kedua kanan), Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (keempat kiri), Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil (ketiga kiri), Perancang Istana Garuda IKN Nyoman Nuarta (kanan) saat peresmian Taman Kusuma Bangsa di Ibu Kota Nusantar
Button AI Summarize

Pemerintah memberi kesempatan kepada masyarakat  untuk turut mengikuti perayaan hari ulang tahun (HUT) RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan masyarakat lokal yang akan menyaksikan langsung akan disiapkan kendaraan menuju kawasan IKN.

"Termasuk juga masyarakat Kalimantan bisa melihat menonton secara langsung,” ujar Heru di Istana Negara IKN, Selasa (13/8). 

Heru menjelaskan ia mendapat banyak pertanyaan dari tokoh di sekitar Kalimantan yang ingin datang ke IKN. Menurut Heru, fasilitas kendaraan akan disediakan oleh Otorita IKN bekerja sama dengan Forum Koordinasi Kepala Daerah (Forkopimda), Kapolda dan Pangdam. 

Selanjutnya koordinasi keberangkatan ke IKN akan dilakukan oleh Forkopimda, Kapolda dan Pangdam. Meski begitu, ia mengatakan tak ada persyaratan khusus bagi warga yang ingin datang ke IKN. 

Heru mengatakan pihaknya juga akan menyiapkan Kawasan Sumbu Kebangsaan IKN sebagai lokasi bagi masyarakat lokal yang ingin menyaksikan langsung upacara HUT Ke-79 RI. Nantinya, di kawasan tersebut akan disiapkan layar berukuran besar.

Presiden Jokowi menurut Heru menyatakan komitmen untuk memprioritaskan masyarakat di sekitar IKN menghadiri upacara proklamasi. Ia mengharapkan nantinya masyarakat memiliki kedekatan dengan IKN dan Presiden Joko Widodo juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjemput masa depan di IKN.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...