Dikabarkan Jadi Menkumham, Politikus Gerindra Supratman Buka Suara

Ade Rosman
15 Agustus 2024, 16:35
gerindra, supratman, menkumham
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pras.
Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas berbicara saat memimpin rapat kerja di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (29/6/2020).
Button AI Summarize

Politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas buka suara soal isu dirinya menggantikan Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Supratman mengaku hingga kini belum mendapatkan informasi mengenai hal tersebut. 

Supratman mengatakan belum ada komunikasi dengan Partai Gerindra terkait rumor itu. Kendati demikian, ia menyatakan siap bila nantinya diangkat menjadi Menkumham.

"Ditugaskan di manapun, (siap) begitu. Tapi belum ada (komunikasi) sampai sekarang," kata Supratman ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Supratman sebelumnya menjabat sebagai Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI sebelum posisinya digantikan oleh Wihadi Wiyanto. Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, tak ada alasa khusus di balik pergantian Supratman.

"Alasannya, enggak ada. Penyegaran saja," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/8).

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan merombak lagi kabinetnya dalam waktu dekat. Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, ada empat menteri yang berpeluang menjadi sasaran reshuffle.

Empat menteri tersebut adalah yakni Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Investasi Bahlil Lahadalila dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LKH) Siti Nurbaya Bakar.

Menteri LHK yang saat ini dijabat oleh politikus NasDem, Siti Nurbaya Bakar, akan digantikan oleh Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni.

Sementara Menteri Hukum dan HAM dari semula dijabat Yasonna Laoly akan diduduki oleh Supratman Andi Agtas yang merupakan Ketua Bidang Konstitusi dan Legislasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...