NasDem Gandeng Gerindra Ketimbang Dukung Anies, Sokong RK di Pilgub Jakarta?

Ade Rosman
15 Agustus 2024, 20:30
nasdem, surya paloh, anies, ridwan kamil
Katadata/Ade Rosman
Ketua Umun Partai NasDem Surya Paloh menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (15/8).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (15/8). Nasdem tak mendukung Anies Baswedan di Pemilihan Gubernur Jakarta.

"Saya sudah beritahu Pak Anies, 'Pak Anies, Anda sebagai adik. Ini bukan momen Anda untuk maju pada Pilkada Jakarta’. Kami cari momentum yang lebih tepat ke depan. Ada pemahaman itu," kata Surya Paloh di Jakarta, Kamis (15/8).

Prabowo di samping Surya Paloh mengatakan, pertemuan itu menghasilkan kesepakatan. "Kami membahas beberapa masalah. Kami sepakat bekerja sama, berkolaborasi dengan baik menghadapi tantangan masa depan," kata Prabowo.

Ia memandang kesatuan sebagai kunci keberhasilan bangsa. "Saya menyambut baik NasDem mau bergabung. Sama-sama mengabdi kepada negara dan bangsa," kata Prabowo. 

Prabowo dan Surya Paloh tidak memerinci kerja sama yang dimaksud. Di satu sisi, Gerindra mendukung Ridwan Kamil dalam Pilgub Jakarta.

Ketua Harian Dewan Pengurus Pusat atau DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pada Rabu (14/8), bahwa ada lebih dari dua parpol yang akan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus.

Partai yang dimaksud terdiri dari parpol anggota parlemen dan non parlemen. “Akan kami umumkan 19 Agustus,” kata Dasco di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (14/8).

KIM terdiri dari empat partai parlemen yakni Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PAN.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...