Top News: Strategi Prabowo Bawa Ekonomi Tumbuh 8% dan Penggunaan AI di ASEAN

Aryo Widhy Wicaksono
16 Agustus 2024, 06:11
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada tenaga kesahatan TNI yang akan menjalankan misi kemanusiaan di Timur Tengah di Kementerian Pertahanan.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan pembekalan kepada tenaga kesahatan TNI di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).
Button AI Summarize

Presiden terpilih Prabowo Subianto telah menyiapkan tiga strategi khusus, untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi hingga 8% dalam lima tahun pemerintahannya.

Target ini cukup ambisius jika melihat pertumbuhan ekonomi yang masih di kisaran 5%.

Strategi khusus tim Prabowo untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi hingga 8%, merupakan salah satu artikel terpopuler Katadata.co.id pada Kamis (15/8). Selain itu, IBM mendorong dunia usaha untuk meningkatkan penggunaan AI, serta infografik manuver mengadang Anies Baswedan untuk maju di Pilkada Jakarta.

Berita terpopuler ini kami rangkum dalam Top News Katadata.co.id berikut ini:

1. Tim Prabowo Ungkap Strategi Mencapai Pertumbuhan Ekonomi 8% dalam 5 Tahun

Presiden terpilih Prabowo Subianto telah menyiapkan tiga strategi khusus untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi hingga 8% dalam lima tahun (2025-2029). Target ini termasuk tinggi di tengah pertumbuhan ekonomi yang masih di kisaran 5%.

Editor Buku Gagasan Strategis Prabowo Subianto: Strategi Transformasi Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 sekaligus politikus partai Gerindra Dirgayuza Setiawan mengungkapkan, strategi pertumbuhan ekonomi di era Prabowo dalam tiga opsi trek.

Trek pertama, attrack internasional leaders yang melibatkan aktivitas perusahaan besar global. Trek kedua, energize domestic champions dengan melibatkan perusahaan besar di Indonesia.

Sementara trek ketiga adalah empowe small and medium enterprise dengan mendorong aktivitas pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ketiga trek ini membutuhkan kolaborasi antara pemerintah dengan swasta.

2. Gelar Think 2024, IBM Dorong Dunia Usaha Tingkatkan Tata Kelola Penggunaan AI

Rendahnya penetrasi penggunaan artificial intelligence (AI) di kawasan ASEAN menjadi perhatian perusahaan teknologi terkemuka dunia IBM. Merujuk hasil studi terkini yang dilakukan IBM, baru 17% entitas di ASEAN yang menggunakan AI.

General Manager IBM ASEAN, Catherine Lian, mengatakan situasi ini tidak berbanding lurus dengan pengakuan 85% pemangku kebijakan di ASEAN atas manfaat yang dapat diambil dari penggunaan AI.

Ia menyebut berdasarkan studi "AI Readiness Barometer" yang dilakukan Ecosystm atas nama IBM ditemukan adanya kesenjangan signifikan antara optimisme organisasi terhadap AI dengan penerapan di lapangan.

“Kami melihat perlunya membangun kolaborasi tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas,” ujar Catherine dalam diskusi media menjelang pelaksanaan Think, Rabu (14/8).

Think merupakan agenda berkala yang digelar IBM untuk mendorong pemanfaatan AI bagi dunia usaha dan enterprise dengan lebih tepat guna. Kali ini Think digelar pada 14-15 Agustus 2024 bertempat di Sands Expo and Convention Centre Singapura.

3. Gerindra: Pengumuman Resmi Ridwan Kamil-Suswono Maju Pilgub Jakarta 19 Agustus

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) dan Suswono akan dideklarasikan pada 19 Agustus 2024 di Jakarta.

"Secara resminya kami sepakat agar mengumumkan pada 19 Agustus, kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8).

Wakil Ketua DPR itu mengatakan, teknis pengumuman masih dibahas partai-partai Koalisi Indonesia Maju.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebelumnya telah mengumumkan cawagub pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta adalah Suswono. Ucapan itu diamini Dasco.

Suswono merupakan Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga merupakan mantan Menteri Pertanian RI. Ridwan Kamil sebelumnya mengungkapkan pasangannya di Pilkada Jakarta merupakan seseorang dengan inisial 'S'.

4. INFOGRAFIK: Manuver Mengadang Anies di Pilkada Jakarta

Sejumlah partai politik pengusung presiden terpilih dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggagas pembentukan koalisi besar “KIM Plus”.

Pembentukan KIM Plus diduga sebagai upaya menjegal Anies Baswedan maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024. Jika terbentuk, maka dapat dipastikan Ridwan Kamil akan menjadi satu-satunya calon gubernur yang mendapat dukungan partai politik.

Sesuai aturan, syarat dukungan calon gubernur minimal 20% dari total kursi DPRD atau minimal 22 kursi. Berdasarkan hasil Pemilu 2024, tidak ada satupun partai politik yang memperoleh 22 kursi.

Sebelumnya, partai-partai yang tergabung dalam KIM telah sepakat untuk mengusung Ridwan Kamil maju sebagai calon gubernur Jakarta. Sedangkan di kubu lain, PKS dan NasDem juga telah sepakat mengusung Anies Baswedan maju dalam Pilkada Jakarta.

Namun, PKS diketahui sedang menjalin komunikasi yang baik dengan presiden terpilih. Lobi-lobi bahwa PKS bisa mengajukan calon wakil gubernur untuk Ridwan Kamil dilakukan.

5. Tersandung Kasus Korupsi, Begini Prospek Saham ANTM dan TINS

Kasus korupsi tengah menyeret emiten pertambangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Timah Tbk (TINS). Hal ini turut berpengaruh terhadap kinerja dan pergerakan saham dua emiten tersebut.

Sejumlah analis memberi rekomendasi terhadap kinerja kedua saham tersebut ke depan. Hal ini akan menjadi panduan bagi para investor untuk menahan, menjual atau membeli saham TINS serta ANTM.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta, menilai PT Timah berpotensi memangkas beban pokok pendapatan sehingga bisa memperbaiki kinerja laba bersih perusahaan. Selain itu, pendapatan perusahaan juga diperkirakan akan meningkat.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...