Jokowi Gunakan Baju Kaltim, Prabowo Pilih Busana Jawa saat Upacara HUT RI di IKN

Agustiyanti
17 Agustus 2024, 12:31
jokowi, prabowo, hut ri, ikn
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/app
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menhan Prabowo Subianto (kiri) dalam upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Upacara dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI tersebut mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Kustim asal Kalimantan Timur dalam upacara HUT Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8).  Sementara Presiden Terpilih Prabowo Subianto terpantau menggunakan busana adat Jawa. 

Berdasarkan informasi yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, baju adat yang dikenakan Jokowi merupakan pakaian khas Suku Kutai yang terinspirasi dari Kesultanan Kutai Kertanegara.

Sementara itu, Prabowo terluhat mengenakan beskap hitam dengan lencana keemasan. Beskap tersebut dipadukan dengan celana panjang hitam dan kain batik sepanjang lutut.

Beskap merupakan jas atau kemeja pria dalam tradisi Jawa Mataram yang biasanya digunakan pada momen Prabowo juga menggunakan udeng atau penutup kepala.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang mengikuti upacara Detik-Detik Proklamasi dari Istana Merdeka Jakarta, mengenakan pakaian adat Pontianak, Kalimantan Barat. Wapres Ma'ruf mengenakan pakai suku Melayu Sambas, Pontianak, Kalimantan Barat.

Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka yang terlihat bersama anaknya, Jan Ethes yang juga hadir di Istana Merdeka mengenakan busana adat Papua.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan diselenggarakan di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur dan diikuti secara hybrid dari Istana Merdeka, Jakarta. Upacara di IKN yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. 

Para menteri Kabinet Indonesia Maju juga terpantau mengikuti perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN. Para menteri dan sebagian besar hadirin yang datang juga menggunakan baju adat daerah.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...