Top News: 7 Pejabat Hasil Reshuffle Kabinet, RK - Suswono ke Pilkada Jakarta

Aryo Widhy Wicaksono
20 Agustus 2024, 05:40
Presiden Joko Widodo (kiri) bersiap melantik sejumlah menteri, wakil menteri dan kepala lembaga di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo (kiri) bersiap melantik sejumlah menteri, wakil menteri dan kepala lembaga di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi merombak jajaran Kabinet Indonesia Maju, dua bulan menjelang jabatannya berakhir pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Pada reshuffle kali ini, Jokowi melantik tiga menteri, satu wakil menteri, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan di Istana Negara, Jakarta.

Reshuffle kabinet menjadi salah satu artikel terpopuler, di samping profil Angga Raka serta Supratman Andi Agtas. Kemudian, pasangan Ridwan Kamil - Suswono menjadi satu-satunya calon yang mendapatkan dukungan partai politik di Pilkada Jakarta.

Rangkaian artikel terpopuler ini kami rangkum dalam Top News Katadata.co.id.

1. Jokowi Resmi Lantik 3 Menteri dan 1 Wamen, Bahlil Jadi Menteri ESDM

Presiden Jokowi resmi melakukan reshuffle kabinet jelang dua bulan jabatannya berakhir.

Jokowi melantik tiga menteri, satu wakil menteri, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8).

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi saat pelantikan, yang diulangi oleh seluruh pejabat yang dilantik.

2. Reshuffle Kabinet Jokowi 2 Bulan Jelang Lengser Dinilai Untungkan Prabowo

Dua bulan menjelang berakhirnya masa jabatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali merombak Kabinet Indonesia Maju. Ia mengganti sejumlah menteri pada Senin (19/8).

Pergantian ada di kursi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Menteri Investasi.

Posisi Menkumham yang sebelumnya dijabat Yasonna Laoly saat ini diduduki oleh Supratman Andi Agtas, kemudian Bahlil Lahadalia bergeser menjadi Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif, dan Rosan Roeslani menggantikan posisi bahlil sebelumnya yakni Menteri Investasi.

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul, menilai reshuffle kabinet yang dilakukan Jokowi lebih berorientasi pada pemerintahan selanjutnya.

Ia menyebut reshuffle sebagai ancang-ancang bagi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk memimpin lima tahun ke depan. "Reshuffle ini menggambarkan bahwa masa transisi dari sekarang itu, kabinet bayangan yang akan dipakai Prabowo-Gibran itu sudah ada sekarang," kata Adib saat dihubungi, Senin (19/8).

3. Profil Angga Raka, Sekretaris Pribadi Prabowo Ditunjuk Jokowi jadi Wamenkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, mengungkap salah satu yang dilantik adalah Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo). “Angga Raka Prabowo," kata Budi Arie melalui pesan singkat kepada wartawan di Jakarta.

Menurut Budi Arie, tugas Kementerian Kominfo saat ini sangat berat. Penunjukan Angga Raka sebagai Wamenkominfo diharapkan dapat menuntaskan tugas Kominfo dengan cepat.

Angga Raka Prabowo adalah seorang politikus yang telah meniti karier di Partai Gerindra. Pada Pemilu 2024, ia diberi amanah sebagai Ketua Bidang Komunikasi atau Direktur Media Kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Angga Raka mulai bergabung dengan Partai Gerindra pada tahun 2008. Saat itu, ia berkesempatan bertemu dengan Prabowo Subianto, sosok yang sangat dihormatinya. Nama Prabowo bahkan menjadi bagian dari nama lengkapnya karena ibunya adalah seorang pendukung setia Prabowo.

4. Profil Supratman Andi Agtas, Politikus Gerindra Gantikan Yasonna jadi Menkumham

Presiden Joko Widodo melantik Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) pada Senin (19/8). Ia menggantikan posisi yang sebelumnya diisi oleh politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Yasonna Laoly.

Supratman Andi Atgas merupakan politikus Gerindra kelahiran Soppeng, Sulawesi Selatan. Ia merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Partai Gerindra dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah. Saat ini Supratman menjabat sebagai Ketua Badan Legislasi.

Ia sempat menjalani profesi sebagai dosen selama 14 tahun dan advokat sejak tahun 1996. Kiprah Supratman di parlemen antara lain pernah menjadi Ketua Panja Revisi UU MD3 tahun 2016, serta menjadi anggota untuk Panja RUU Migas (2016), Pansus Hak Angket KPK (2017), Pansus RUU Pemilu (2017), Pansus RUU Siber (2019), Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara (2019).

5. RK - Suswono Borong Tiket 10 Partai di DPRD Jakarta, Kans PDIP dan Anies Kandas

Sebanyak 12 partai politik mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Ridwan Kamil - Suswono di pemilihan gubernur Jakarta. Deklarasi dukungan untuk RK-Suswono itu digelar di the Sultan Hotel Jakarta, Senin (19/8).

Deklarasi dihadiri langsung oleh calon wakil presiden terpilih pada Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka. Gibran tiba di Hotel Sultan Jakarta dengan menggunakan kemeja biru muda, kemudian menuju deretan kursi bagian depan.

Dari 12 partai yang mendukung Ridwan Kamil - Suswono sebanyak 10 partai merupakan pemilik kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta.

Ridwan Kamil merupakan mantan Gubernur Jawa Barat. Sedangkan Suswono merupakan mantan Menteri Pertanian. Piagam deklarasi dibacakan dan ditandatangani oleh pimpinan partai politik.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...