Demontrasi Tolak RUU Pilkada di Bandung Memanas, Massa Lempari Kantor DPRD Jabar

Ameidyo Daud Nasution
22 Agustus 2024, 16:15
bandung, jawa barat, pilkada
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/tom.
Massa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa dan masyarakat membakar ban dan pembatas jalan saat berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/8/24).
Button AI Summarize

Demonstrasi menolak revisi Undang-Undang Pilkada di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Bandung, Jabar, Kamis (22/8) memanas. Massa mulai membakar pembatas jalan dan melempar benda-benda tumpul ke dalam pagar.

Disiarkan dalam Metro TV, massa awalnya berorasi menyampaikan penolakan UU Pilkada. Namun, belakangan suasana memanas dan diwarnai aksi menggoyangkan pagar, pembakaran pembatas jalan dan pelemparan telur hingga batu.

Tak terlihat pula aparat keamanan di depan pagar DPRD Jawa Barat. Sedangkan pintu gerbang kantor dewan dalam posisi terkunci.

Demonstrasi digelar oleh berbagai kelompok mahasiswa, salah satunya mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Dalam unggahan Instagram Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB, mereka menggelar longmarch dari kampus ke DPRD Jawa Barat di Jalan Diponegoro, Bandung.

Setelah itu, terlihat mahasiswa membentuk lingkaran dan di tengahnya orator menyampaikan aspirasinya. Orator demo tersebut terus berganti. Namun belakangan situasi mulai memanas sehingga mahasiswa melempari telur.

Demo di Semarang Juga Memanas

Demonstrasi menolak revisi UU Pilkada tak hanya terjadi di Bandung. Demonstrasi mahasiswa juga terjadi di sejumlah kota, salah satunya Semarang, Jawa Tengah.

Aksi mahasiswa pada awalnya berjalan kondusif dan dijaga oleh 750 personil pengamanan gabungan dari berbagai kesatuan. Di pertengahan aksi, mahasiswa beralih ke pintu belakang DPRD Provinsi Jawa Tengah yang tidak terjaga.

Massa yang masuk dari belakang memaksa masuk ke area gedung DPRD. Aksi ini dibalas polisi dengan menembakkan gas air mata yang membuat rombongan mahasiswa terpecah. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...