Kenakan Tenun Merah, Anies Meluncur ke DPP PDIP Jelang Pengumuman Cagub Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
26 Agustus 2024, 11:31
anies, pdip, jakarta, pilkada
Tim Anies Baswedan
Anies Baswedan saat bersiap menuju DPP PDIP, Senin (26/8). Foto: Tim Anies Baswedan
Button AI Summarize

Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 Anies Baswedan hari ini bersiap diumumkan menjadi calon gubernur Jakarta oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Anies, yang mengenakan baju tenun berwarna merah, nampak berpamitan kepada keluarganya.

Sebelum berangkat, Anies berpamitan hingga meminta restu kepada ibunya, Aliyah Rasyid Baswedan serta istrinya, Ferry Farhati di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Anies berangkat dulu, mohon doa restu, semoga dilancarkan hari ini," kata Anies dalam keterangan tertulis, Senin (26/8).

Tampak juga, ibunda Anies berdoa agar anaknya diberikan kelancaran. "Insya Allah Anies dimudahkan dalam mengemban amanah apapun," kata Aliyah.

Juru Bicara Anies, Angga Putra Fidrian mengatakan Anies akan meluncur ke Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro Nomor 58, Jakarta. Namun, ia tak menjelaskan detail kunjungan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu ke PDIP. 

"Detailnya bisa ditanya ke PDIP," kata Angga di Jakarta, Senin (26/8) dikutip dari Antara.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal mengumumkan calon kepala daerah untuk kabupaten kota dan gubernur, untuk gelombang ketiga. Pengumuman dilakukan di Kantor DPP PDIP, Senin (26/8) pukul 12.30 WIB. Pengumuman kali ini merupakan yang ketiga dilakukan Megawati.

Pada tahap pertama Megawati telah mengumumkan 305 bakal calon kepala daerah terdiri dari 12 calon gubernur dan wakil gubernur, serta 293 pasangan untuk Pilkada Kabupaten dan Kota.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Ahmad Basarah mengatakan partainya berpotensi mengusung Anies Baswedan. Ia menyebutkan PDIP dan mantan gubernur DKI Jakarta itu dipertemukan oleh nasib yang sama.

“Diperlakukan untuk dieliminasi dari panggung politik, dikucilkan, dan lain sebagainya, sehingga kami sama-sama punya persamaan kehendak,” kata Basarah usai menghadiri Muktamar PKB di Bali Nusa Dua Convention Center.

Pada kesempatan itu, dia juga mengatakan partai akan melihat perkembangan usai Anies bertemu dengan Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jakarta pada Sabtu (24/8).

Partai juga akan mencermati hasil pertemuan tersebut. Walaupun demikian, ia mengatakan bahwa partainya membuka peluang untuk mengusung Anies di Pilkada Jakarta 2024.

“Bisa saja pada kerja sama itu PDIP mengambil posisi calon wakil gubernur. tetapi mari kita lihat nanti dinamikanya," katanya.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...