Jokowi Tunggu Bandara IKN Rampung Sebelum Pindah Kantor ke Ibu Kota Baru

Amelia Yesidora
28 Agustus 2024, 12:28
jokowi, bandara, ikn
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/8/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo menyebut dirinya bakal pindah kantor ke Ibu Kota Nusantara atau IKN saat Bandara IKN selesai dibangun. Sebelumnya ia menargetkan pindah kantor ke IKN per September 2024. 

“Lihat kondisi lapangan, karena memang banyak hal yang belum selesai. Misalnya, bandara belum,” kata Jokowi di RS Sardjito, Yogyakarta, Rabu (28/8). 

Jokowi mengatakan perlu ada bandara baru karena lapangan terbang di Balikpapan memerlukan waktu tempuh perjalanan sejam dari IKN. Keberadaan bandara akan memudahkan mobilitas dari IKN ke kota-kota lain.

“Kalau sudah pindah ke sana semestinya kalau kita mau ke Papua dari IKN, kalau mau ke NTT dari IKN, ke Aceh juga dari IKN, kalau airport-nya belum jadi?,” ujarnya. 

 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya memastikan pesawat kepresidenan bisa mendarat di Bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada awal bulan depan. Pembangunan bandara IKN sempat molor akibat hujan deras di wilayah tersebut.

 "Awal September," ujar Budi di Econvention Ancol, Jakarta, Senin (26/8).

Pembangunan bandara IKN molor dari target awal yang seharusnya rampung pada awal Agustus 2024 imbas intensitas hujan yang tingi. Budi Karya bahkan sempat meminta modifikasi cuaca dilaukan di wilayah Kalimantan Timur untuk memperlancar proses pembangunan.

“Perlu diketahui, curah hujan di wilayah Kalimantan Timur cukup tinggi dalam satu bulan terakhir, bahkan hanya delapan hari cuaca cerah," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/7).

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...