Daftar Cagub Jakarta, Pramono Pamer Pengalaman Panjang di DPR hingga Kabinet

Ade Rosman
28 Agustus 2024, 13:50
jakarta, pramono anung, cagub, pdip, pilkada
ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung (ketiga kiri) dan Rano Karno (kedua kiri) tiba untuk mendaftar sebagai peserta Pilgub DKI Jakarta 2024 di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (28/8/2024).
Button AI Summarize

Berbekal dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pramono Anung - Rano Karno resmi mendaftar sebagai calon gubernur - wakil gubernur Jakarta 2024.

Pramono dan Rano Karno menyatakan tak menjual tagline dalam helatan Pilkada Jakarta 2024. Ia menyampaikan niatannya untuk memperbaiki Jakarta.

"Kami memang benar-benar ingin membuat Jakarta lebih ramah, lebih bersabat, lebih melayani, Jakarta untuk semuanya dan enggak perlu tagline yang terlalu hebat-hebat," kata Pramono di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (28/8).

Di sisi lain, Pramono tak menampik dirinya tak banyak muncul di publik. Ia beralasan selama ini dirinya bekerja di 'dapur' kabinet.

"Jadi orang kalau mengerjakan untuk dapur itu enggak perlu terlalu pencicilan di ruang terbuka, dan saya bekerja dengan sungguh-sungguh untuk itu," kata dia.

Pramono juga menjual beberapa pengalamannya selama berkarir di dunia politik. Ia mengatakan memiliki pengalaman di partai hingga duduk di kursi legislatif hingga menjadi anggota kabinet.

"Saya meyakini dengan pengalaman panjang saya, sudah 4 kali menjadi anggota DPR, pernah menjadi pimpinan dewan 2 periode, menjadi Menteri, dulu pernah menjadi wakil sekjen, sekjen partai," katanya.

Pencalonan Pramono-Rano sekaligus mengakhiri polemik bursa cagub Jakarta di PDIP. Sebelumnya, nama Anies Baswedan masuk sebagai salah satu calon kuat cagub yang akan diusung. 

Anies bahkan telah berangkat ke Kantor PDIP di Jakarta Pusat. Meski demikian, partai berlambang banteng itu akhirnya urung mencalonkan Anies.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...