PKS dan NasDem Resmi Usung Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie di Pilgub Jawa Barat

Ade Rosman
28 Agustus 2024, 17:01
PKS
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Bakal Calon Gubernur Jawa Barat yang diusung Partai Nasdem Ilham Akbar Habibie (tengah) berbincang dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kiri) dan Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim (kanan) dalam konferensi pers usai melakukan pertemuan tertutup di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (18/7/2024).
Button AI Summarize

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) resmi mengusung Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie di Pilgub Jawa Barat. Juru bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan pasangan tersebut bakal mendaftar ke KPUD Jawa Barat.

"Insyaallah hari Kamis, tanggal 29 Agustus pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie akan didaftarkan ke KPUD Jawa Barat," kata Kholid dalam keterangannya, Rabu (28/8).

Kholid mengatakan, akronim dari pasangan Syaikhu dan Ilham dengan akronim ASIH. Kedua calon sebelumnya telah berziarah ke makam Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Rabu (28/8).

Ahmad Syaikhu merupakan Presiden PKS sejak 2020. Sebelumnya, ia pernah menjadi anggota DPRD Kota Bekasi, DPRD Provinsi Jawa Barat, dan Anggota DPR RI. Syaikhu juga pernah menjadi Wakil Wali Kota Bekasi. Sementara Ilham Akbar Habibie merupakan putra dari Presiden RI Ke-3 B.J. Habibie.

"Insyaallah ini pasangan yang memadukan antara kualitas kepemimpinan yang memenuhi kriteria IMTAQ dan IPTEK, yang punya integritas, kapasitas dan religiusitas yang sangat baik dan mampu menghadirkan kemajuan dan keberkahan untuk warga Jawa Barat," kata Kholid.

PKS dan NasDem sudah terbiasa menjalin kerja sama politik, Pada pilpres 2024, PKS dan NasDem bersama-sama mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Sementara di Pilkada Jakarta mereka sama-sama mengusung Ridwan Kamil - Suswono. Adapun Suswono merupakan kader PKS dan pernah menjadi Menteri Pertanian di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...