Puan Soal Kabar PDIP Usung Anies di Pilkada Jawa Barat: Lihat Nanti Sore

Ade Rosman
29 Agustus 2024, 14:44
anies, puan, pdip
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) didampingi Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (kanan) dan Sufmi Dasco Ahmad (kiri) memotong tumpeng usai Rapat Paripurna Khusus HUT DPR ke-79 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2024).
Button AI Summarize

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani buka suara terkait isu memajukan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilgub Jawa Barat.

"Kita lihat sampai nanti sore, kan waktu pendaftarannya masih sampai sore," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8).

Saat ini, PDIP belum mendaftarkan kandidat yang akan berlaga di Pilgub Jawa Barat. Sejumlah nama pun dirumorkan menjadi kandidat dari partai banteng.

Selain kader internal seperti Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono, nama Menparekraf Sandiaga Uno, hingga mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti pun disebut masuk radar.

Ono Surono mengatakan saat ini PDIP masih menggodok nama pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur yang akan maju di Jawa Barat. Ia membuka kemungkinan kader yang maju bukan berasal dari PDIP.

"Perpaduannya bisa saja dari partai lain," kata Ono dalam keterangannya, Kamis (29/8).

Anies Baswedan saat bersiap menuju DPP PDIP, Senin (26/8). Foto: Tim Anies Baswedan
Anies Baswedan saat bersiap menuju DPP PDIP, Senin (26/8). Foto: Tim Anies Baswedan (Tim Anies Baswedan)


Saat ini, terdapat dua poros kandidat Cagub-Cawagub di Jawa Barat. Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie yang disokong PKS serta Nasdem, juga calon dari Koalisi Indonesia Maju yakni Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan.

Anies sebelumnya digadang akan diusung PDIP di Pilkada Jakarta. Meski demikian, namanya akhirnya tersingkir oleh Pramono Anung-Rano Karno. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...