Hasil Laga Indonesia vs Arab Saudi Seri, Timnas Bersiap Lawan Australia di GBK

Ira Guslina Sufa
6 September 2024, 04:37
Timnas Indonesia di Prakualifikasi Piala Dunia 2026
Official Resmi @timnasIndonesia
Timnas Indonesia di Prakualifikasi Piala Dunia 2026
Button AI Summarize

Pertandingan tim nasional Indonesia melawan Arab Saudi pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup C Zona Asia berakhir seri. Timnas Indonesia menahan imbang timnas Arab Saudi dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion King Abdullah Sport City, Jeddah, Arab Saudi pada Jumat (6/9) dini hari. 

Penyelamatan penalti dari kiper timnas Indonesia Maarten Paes menjadi penentu kemenangan. Paes menggagalkan tendangan penalti kapten Arab Saudi Salem Al Dawsari pada menit ke-79 yang membuat pertandingan tersebut berakhir sama kuat. Selama pertandingan timnas Arab Saudi mencatatkan 18 kali tendangan ke arah gawang dengan satu gol yang gagal ditepis Paes.

Pada pertandingan yang berlangsung dengan tambahan waktu 9 menit itu, Indonesia mengawali keunggulan melalui sontekan Ragnar Oratmangoen pada menit ke-19. Timnas Arab Saudi menyamakan kedudukan lewat sepakan Musab Aljuwayr di akhir babak pertama. 

Pada awal babak pertama, pelatih Shin Tae Yong menerapkan permainan menyerang saat melawan Arab Saudi. Hasil imbang itu membuat  peringkat timnas Indonesia berpeluang naik 3 poin dan sekarang di posisi 131 dunia. 

Pada babak kedua, Arab Saudi melakukan serangan bertubi-tubi. Sepanjang pertandingan tim asuhan pelatih asal Italia Roberto Mancini merajai pertandingan dengan penguasaan bola hingga 66%. Penyelamatan oleh kiper Indonesia, Maarten Paes membuat hasil imbang 1-1 bertahan hingga peluit panjang berbunyi. 

Pada menit ke-77 Maarten Paes yang juga penjaga gawang klub FC Dallas melakukan kesalahan dengan menekel penyerang Arab Saudi Feras Albrikan. Kesalahan itu berbuah tendangan penalti. Beruntung Paes bisa menepis tendangan yang dilakukan kapten Arab Saudi Salem Al Dawsari. 

Jadwal Pertandingan Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 

Hasil imbang pada pertandingan ini membuat timnas Indonesia berada pada urutan keempat grup C. Di posisi pertama ada Jepang dengan 3 poin setelah mengalahkan China 7-0. Selanjutnya ada Bahrain dengan poin 3 yang mengalahkan Australia 1-0. Di posisi ketiga ada Arab Saudi dengan poin 1 sama dengan dengan Indonesia diikuti Australia dan China dengan masing-masing 0 poin. 

Setelah laga pertama ini selanjutnya, Indonesia akan berhadapan dengan tim Australia. Pertandingan akan berlangsung di Gelora Bung Karno pada Selasa, 10 September 2024. 

Susunan pemain Indonesia yang berlaga melawan Arab Saudi

  • Maarten Paes, 
  • Calvin Verdonk, 
  • Jay Idzes (kapten), 
  • Rizky Ridho (80'-Muhammad Ferrari), 
  • Nathan Tjoe A On, 
  • Sandy Walsh (68'-Asnawi Mangkulam), 
  • Thom Haye (59'-Marselino Ferdinan), 
  • Ivar Jenner (80'-Egy), 
  • Ragnar Oratmangoen, 
  • Witan Sulaeman (58'-Shayne Pattynama), 
  • Rafael Struick.
  • Oratmangoen

Tim cadangan

  • ERnando Ari, Nadeo, wahyu, Arhan, Kambuaya, Sananta, Hokky

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...