Jokowi Setujui Risma Mundur dari Posisi Menteri Sosial Usai Maju Pilkada Jatim

Muhamad Fajar Riyandanu
6 September 2024, 11:31
Jokowi
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/wpa.
Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi (kedua kanan) berbincang bersama bakal calon Gubernur Jatim yang diusung PKB, Luluk Nur Hamidah (kiri) dan bakal calon Gubernur Jatim yang diusung PDIP dan Hanura, Tri Rismaharini (kedua kiri) sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan di Gedung Soetomo Transplant Organ Center (STOC) RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (31/8/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah menandatangani surat pengunduran diri Tri Rismaharini dari Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju. Risma saat ini resmi mendaftar sebagai Calon  Gubernur Jawa Timur dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

"Sudah mengajukan pengunduran diri dan sudah saya tandatangani pengunduran dirinya," kata Jokowi kepada wartawan di Pasar Soponyono Surabaya, Jawa Timur pada Jumat (6/9).

Jokowi sebelumnya memberikan izin kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk maju dalam pemilihan gubernur Jawa Timur. Jokowi juga mempersilakan Risma untuk mundur dari kabinet agar fokus kepada kontestasi pemilihan kepala daerah.

Risma pun juga telah menghadap Jokowi di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (30/8) sekira pukul 08.30 pagi. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan dalam pertemuan tersebut, Risma melapor kepada Jokowi karena telah mendaftar ke KPU sebagai bakal Calon Gubernur Jawa Timur.

Risma yang diusung PDIP menyatakan diri akan mundur dari jabatan Menteri Sosial untuk berkontestasi dalam pemilihan gubernur Jawa Timur 2024. Mantan Walikota Surabaya ini akan berpasangan dengan Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans).

Di Pilkada Jawa Timur pasangan Risma -  Zahrul akan berhadapan dengan pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak dan Luluk Nurhamidah - Lukmanul Hakim. Adapun Pilkada akan digelar serentak pada 27 November 2024. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...