BMKG Ramal Hujan Dominasi Cuaca Hari Ini, Awas Petir di Bandung dan Yogyakarta

Ira Guslina Sufa
24 September 2024, 08:06
BMKG
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/YU
Petugas memantau pusaran siklonik melalui layar monitor di Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Dan Geofisika (BMKG) Karangploso, Malang, Jawa Timur, Jumat (5/1/2024).
Button AI Summarize

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca sebagian besar di wilayah Indonesia berpotensi hujan pada Selasa (24/9). Hujan terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang, .

"Kota Padang dan Kota Tanjung Pinang diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan," kata Prakirawan Sekar Anggraeni dalam saluran Youtube BMKG. .

Sekar menjelaskan untuk Kota Jambi, Bengkulu, dan Lampung diperkirakan turun hujan disertai kilat maupun petir. Cuaca hujan dengan intensitas lebat diperkirakan terjadi di Kota Medan.

Selanjutnya cuaca di Kota Banda Aceh diramal berawan tebal serta di Kota Pekanbaru diprakirakan udara kabur. Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Pangkal Pinang dan Palembangi.

Beralih ke Pulau Jawa, untuk Kota Semarang dan Kota Surabaya akan mengalami udara kabur. Cuaca hujan disertai dengan petir diprakirakan terjadi di Kota Bandung dan Yogyakarta. Untuk Kota Serang dan Jakarta, diprakirakan turun hujan dengan intensitas ringan.

"Selanjutnya untuk Kota Denpasar, Mataram, dan Kupang diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan," kata dia.

Sementara di Kalimantan, cuaca hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Samarinda dan Banjarmasin. Cuaca hujan disertai dengan petir diramal terjadi di Kota Tanjung Selor, Pontianak, dan Palangkaraya.

Untuk di Pulau Sulawesi, Kota Palu dan Kota Kendari diperkirakan akan berkabut. Selanjutnya untuk Kota Manado, Gorontalo, dan Makassar diprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Adapun hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kota Mamuju.

Untuk wilayah Indonesia bagian timur, cuaca hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Ternate, Sorong, Ambon, Manokwari, dan Jayawijaya. Hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kota Jayapura. Kemudian cuaca di Kota Nabire dan Merauke diprakirakan turun hujan dengan disertai dengan petir.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...