Kabinet Prabowo segera Terbentuk, Juru Bicara Ungkap Kriteria Menteri Terpilih

Ira Guslina Sufa
28 September 2024, 16:11
Prabowo
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Dahnil Azhar selaku juru bicara Prabowo Subianto didampingi petinggi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Ahmad Muzani
Button AI Summarize

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Amzar Simanjuntak, menjelaskan pembiacaraan mengenai nama-nama yang akan duduk menjadi menteri di kabinet pemerintahan periode 2024-2029 makin intens dibahas. Dahnil menyebutkan terdapat tiga kriteria bagi calon menteri yang akan duduk di kabinet pemerintahan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka.

"Pak Prabowo memberikan kesempatan bagi siapa pun yang ingin berkontribusi dalam pemerintahan bila bisa memenuhi syarat yang diberikan," kata Dahnil saat ditemui usai acara Deklarasi Ormas dan Pengukuhan Pengurus Besar Matahari Pagi Indonesia di Jakarta, Sabtu (28/9). 

Dahnil menjelaskan kriteria pertama bahwa calon menteri dalam kabinet harus memiliki integritas. Hal itu diperlukan seiring dengan komitmen Prabowo yang ingin memberantas korupsi.

Kriteria kedua adalah harus memiliki kompetensi. Menurut Dahnil, sejak awal Prabowo ingin membentuk kabinet yang diisi orang yang ahli di bidangnya. Ia ingin punya kabinet dengan menteri yang mengurus berbagai hal spesifik dalam pemerintahan, sehingga calon menteri Prabowo nantinya harus memiliki kompetensi.

Selanjutnya kriteria ketiga yaitu harus loyal. Dia menyebutkan loyalitas penting bagi Prabowo, karena Ketua Umum Partai Gerindra tersebut ingin memastikan kapten dalam koalisi pemerintahan merupakan Prabowo.

"Dengan Pak Prabowo sebagai panglima, mereka yang menjadi menteri Pak Prabowo harus tegak lurus dengan berbagai agenda pembangunan yang sudah dibuat," ucap dia.

Susunan Kabinet Prabowo 

Sejauh ini, Dahnil menyebutkan Prabowo sudah mengantongi beberapa nama yang akan dipilih sebagai menteri dalam kabinetnya. Namun demikian, Prabowo, kata dia, sedang mempertimbangkan semua nama nama itu, baik yang diusulkan oleh partai politik maupun yang diusulkan oleh kelompok lain seperti organisasi kemasyarakatan (ormas), kelompok profesi, dan sebagainya.

Dari partai politik, ia menyebutkan Prabowo akan memprioritaskan nama-nama dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Sedangkan dari kelompok lainnya sedang dipertimbangkan berdasarkan usulan kelompok masyarakat, ormas, kelompok profesi buruh tani dan nelayan, dan relawan.

Terkait dengan jumlah kementerian pada kabinet Prabowo yang beredar sebanyak 44. Dia menuturkan hal tersebut belum bisa dipastikan lantaran masih berproses, tetapi yang pasti jumlahnya akan bertambah dari saat ini yang sebanyak 34.

"Nanti ada kementerian yang akan dipecah dan digabung atau merger. Ada Kementerian yang tadinya dipecah nanti ada jadi badan, ada juga yang digabung dan sebagainya," ucap Dahnil menjelaskan.

Adapun Prabowo sebelumnya dikabarkan telah memulai proses penyusunan kabinet periode pemerintahan 2024-2029. Sejumlah perangkat hukum juga telah disiapkan untuk mengakomodasi keperluan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka. 

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyetujui revisi Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara. Revisi UU Kementerian Negara memberikan keleluasaan bagi presiden untuk menentukan jumlah kementerian.

Bersamaan itu, sejumlah figur politisi dan pimpinan partai politik digadang-gadang bakal diangkut oleh Prabowo untuk mengisi pos-pos mentari yang tersedia. Nama-nama yang kerap bersinggungan dengan jatah menteri Prabowo yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sugiono.  

Selain itu, muncul nama Wakil Menteri Keuangan Thomas Aquinas Muliatna (Tommy) Djiwandono. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo pernah menyampaikan kisi-kisi beberapa menteri yang akan duduk di Pemerintahan Prabowo.  

Menurut Hashim, ada empat lulusan SMA Taruna Nusantara bakal menjadi menteri di pemerintahan Prabowo - Gibran nantinya. Hashim pun mengaku telah mengetahui nama-nama kandidat menteri di kabinet pemerintahan mendatang. 

Kendati demikian, adik Prabowo tersebut belum mengungkapkan secara gamblang pada publik nama-nama yang dimaksud. Nama Budi pun masuk dalam daftar tokoh potensial jadi menteri Prabowo. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...