Alasan Arteria Mundur, Beri Kursi DPR ke Cucu Soekarno: Balas Budi Royal Family

Ira Guslina Sufa
30 September 2024, 09:37
DPR
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Anggota DPR Habiburokhman (kiri) dan Arteria Dahlan (kanan) mengikuti sidang putusan permohonan uji materi pasal dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (15/6/2023).
Button AI Summarize

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Arteria Dahlan mundur dari calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terpilih periode 2024-2029. Ia menyerahkan kursi DPR yang seharusnya ia isi pada cucu presiden RI pertama, Soekarno, Hendra Rahtomo atau dikenal Romy Soekarno. 

Mundurnya Arteria menuai sorotan lantaran ia selama ini dikenal sebagai politikus yang getol membicarakan demokrasi dan perlawanan melawan korupsi. Arteria menjelaskan punya alasan sendiri untuk memilih mundur. 

Meski begitu ia mengakui pilihannya itu mungkin akan menuai polemik. “Pastinya sikap "tidak melawan" ini cukup mengherankan dan mengecewakan beberapa pihak,” ujar Arteria melalui pesan daring kepada Katadata.co.id, Senin (30/9). 

Arteria menjelaskan ia memilih mundur lantaran merasa perlu membalas budi pada keluarga Soekarno. Anggota Komisi Hukum DPR periode 2019-2024 itu mengatakan ia mendapat banyak bantuan dari Megawati Soekarnoputri dan suaminya Taufiq Kiemas sehingga bisa mendapat banyak kesempatan dalam dunia politik. 

Ia pun menyampaikan telah mendapat banyak budi dari cucu Soekarno lainnya yaitu Puan Maharani yang saat ini menjabat ketua DPR. “Ini semua berkat budi baik Keluarga Besar Bung Karno, yang tidak bisa juga saya membalasnya selain dengan loyalitas atau kesetiaan,” ujar Arteria. 

Menurut Arteria langkah politik yang ia ambil merupakan upaya untuk menjaga menjaga nama baik Megawati dan keluarga besar Bung Karno. Adapun Romy Soekarno merupakan anak Rachmawati Soekarnoputri. 

“Bagi saya kemuliaan sesungguhnya adalah melaksanakan dan patuh pada kebijakan Beliau (Megawati), apapun perintahnya selama ini selalu saya patuhi, tanpa terkecuali,” ujar Arteria lagi. 

Hal lain yang menjadi pertimbanga Arteria adalah penghargaan terhadap Romy. Arteria bercerita pernah didatangi Romy yang meminta bantuan agar ia bisa mewujudkan cita-cita Rachmawati yang sudah meninggal agar Romy bisa duduk sebagai anggota DPR. 

“Seketika itu saya menjawab, "Insya Allah Mas, urusan dengan saya ndak masalah, saya akan tanda tangani Surat Pengunduran Diri Saya, wong saya bisa duduk di DPR ini karena budi baik Keluarga Besar Bung Karno, suatu kehormatan melayani Mas, sebagai bagian dari Royal Family,” ujar Arteria mengulang pernyataannya pada Romy. 

Arteria mengatakan ia dan Romy bertemu sebanyak tiga kali untuk membahas peralihan kursi. Ia pun menyebut hanya mau menandatangani surat mundur setelah Sri Rahayu yang meraih suara kedua tertinggi di atas Arteria terlebih dahulu menandatangani surat mundur. Surat pengunduran Arteria pun akhirnya dibubuhi tanda tangan pada 27 September.

Pada pemilu 2024 ini, mulanya caleg PDIP peraih suara terbanyak kedua di dapil yang terdiri dari Blitar, Kediri, dan Tulungagung, Sri Rahayu, menyatakan mundur. Ia sebelumnya meraih 111.284 suara berada di urutan kedua di bawah adik mantan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Pulung Agustanto, dengan 165.869 suara. 

Setelah Sri Rahayu mundur, semestinya kursi DPR jatuh pada politikus PDIP Arteria Dahlan yang meraih 62.242. Namun belakangan Komisi Pemilihan Umum mengkonfirmasi Arteria mundur sehingga jatah kedua kursi PDIP dari Dapil VI diserahkan pada putra Rachmawati Soekarnoputri, Hendra Rahtomo, yang memperoleh 51.245 suara.

Penetapan Romy Soekarno sebagai anggota DPR periode 2024-2029 tertuang dalam Surat Keputusan (SK) KPU 1401/2024 tentang Perubahan Kelima Atas Keputusan KPU Nomor 1206/2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPR Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024. Dalam SK tertanggal Jumat (27/9) yang ditandatangani Ketua KPU Mochammad Afifuddin Romy dinyatakan sah menjadi anggota DPR.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...