Pidato Pertama Ketua MPR Muzani, Minta Pemerintah Perjuangkan Palestina Merdeka

Ade Rosman
3 Oktober 2024, 17:10
mpr, ahmad muzani, palestina
ANTARA FOTO/Bagus Ahmad Rizaldi/wpa/aww.
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kanan) berdiskusi dengan Sekjen PAN Eddy Soeparno saat konferensi pers Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Jakarta, Selasa (24/10/2023).
Button AI Summarize

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani mendorong pemerintah untuk memperjuangan kemerdekaan Palestina. Hal itu disampaikan Muzani usai ditetapkan sebagai ketua MPR 2024-2029 pada Kamis (3/10).

Mulanya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra itu menyinggung meluasnya eskalasi politik di Timur Tengah. Menurutnya, hal itu memungkinkan terjadinya berbagai macam bahaya di masa depan..

Atas dasar itu, Muzani meminta pemerintah menggunakan pengaruhnya untuk mencegah eskalasi tersebut. "Meskipun kita harus mencegah terjadinya peperangan yang luas, kita juga harus tetap memperjuangkan kemerdekaan Palestina sebagai sebuah komitmen," kata Muzani.

Ia menyebut, kemerdekaan Palestina merupakan amanat yang dipikul Indonesia sejak Konferensi Asia Afrika pada 1955.

"Karena itu pengaruh yang kita miliki, baik di Non-Blok, di G20, di APEC, di OKI, MPR mendorong agar pemerintah Republik Indonesia menggunakannya untuk mencegah peperangan yang lebih luas," kata dia.

Muzani resmi terpilih sebagai Ketua MPR RI yang disepakati lewat paripurna hari ini.  Selain Muzani, disepakati pula 8 Wakil Ketua MPR yang terdiri dari 7 fraksi dan 1 perwakilan DPD.

Berikut daftar pimpinan MPR:

Wakil Ketua MPR I Bambang Wuryanto dari fraksi PDIP, Wakil Ketua MPR II Kahar Muzakir dari Fraksi Golkar, Wakil Ketua MPR III Lestari Moerdijat dari Fraksi NasDem, Wakil Ketua MPR IV Rusdi Kirana dari Fraksi PKB, Wakil Ketua MPR V Muhammad Hidayat Nur Wahid dari Fraksi PKS.

Kemudian Wakil Ketua MPR VI Eddy Soeparno dari Fraksi PAN, Wakil Ketua MPR VII Edhy Baskoro Yudhoyono dari Fraksi Demorkat, dan Wakil Ketua MPR VIII Apchandra Muhammad Akbar Supratman dari kelompok DPD.


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...