Jokowi Senang Proses Transisi Lancar: Prabowo Hadir di Semua Rapat

Muhamad Fajar Riyandanu
8 Oktober 2024, 10:59
jokowi, prabowo, transisi
ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden
Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma\'ruf Amin dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada puncak perayaan peringatan HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas Jakarta, Sabtu (5/10/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) senang proses transisi kepemimpinan telah berlangsung sejak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai presiden terpilih pada 24 April 2024.

Jokowi mengatakan topik rapat terbatas belakangan ini cenderung menyisipkan proses dan persiapan transisi kepemimpinan menuju pelantikan presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang.

"Sejak Pak Prabowo terpilih sebagai presiden terpilih, persiapan menuju pelantikan itu betul-betul secara rencana kerja, program dan transisinya berjalan dengan baik," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan agenda BNI Investor Daily Summit di Jakarta Convention Center pada Selasa (8/10).

Jokowi mengatakan Prabowo menjadi lebih aktif hadir dan berpartisipasi dalam seluruh rapat terbatas maupun rapat paripurna Kabinet Indonesia Maju setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih.

"Apapun topiknya Pak Prabowo selalu hadir, kalau sebelumnya hanya untuk urusan pertahanan. Setelah menjadi presiden terpilih di semua rapat selalu hadir," ujarnya.

Menurut Jokowi, kehadiran Prabowo di setiap rapat kabinet  untuk menyampaikan program-program unggulan yang akan dilaksanakan di masa pemerintahannya. Inisiatif ini bertujuan agar program Prabowo disiapkan dengan matang bersama para menteri yang saat ini menjabat.

"Sehingga rencana-rencana untuk program unggulan yang akan dilaksanakan oleh Pak Prabowo itu betul-betul disiapkan dengan baik dengan menteri-menteri yang sekarang," kata Jokowi.

Jokowi sebelumnya mengaku siap berkontribusi untuk memuluskan proses transisi Pemerintahan Kabinet Indonesia Maju kepada Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pernah meminta para menteri Kabinet Indonesia Maju untuk menjaga stabilitas politik menjelang transisi kepemimpinan kepada presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo-Gibran.

Jokowi menyampaikan arahan itu saat membuka Sidang Kabinet Paripurna terkait Perekonomian Terkini di Istana Merdeka Jakarta pada Senin, 24 Juni 2024.

Ia mengatakan stabilitas politik menjelang transisi kepemimpinan adalah modal penting untuk menjaga basis fundamental ekonomi nasional. Jokowi berharap tak ada turbulensi politik untuk mempertahankan sentimen pasar yang optimistis.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...