Gerindra Soal Pertemuan Jokowi, Prabowo, Gibran di Solo: Bahas Pelantikan

Ade Rosman
14 Oktober 2024, 15:16
jokowi, prabowo, gibran
Instagram/Prabowo Subianto
Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menemui Presiden Joko Widodo di Solo, Minggu (13/10). Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan isi pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka di Solo, pada Minggu (13/10). Muzani mengatakan, pertemuan antara ketiganya itu membahas mengenai pelantikan presiden dan wakil presiden.

"(Membahas) sebagian persiapan tanggal 20 Oktober," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10). Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu tak mengatakan hal lain terkait pertemuan tersebut, pasalnya, ia mengaku tak ikut dalam pertemuan itu.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan silaturahmi dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto di kediaman pribadi Jokowi di Sumber, Solo, Jawa Tengah, Minggu (13/10).

"Benar, di kediaman pribadi Pak Jokowi di Sumber (Solo). Silaturahmi, kebersamaan dan keberlanjutan. Itu tema utamanya," kata Mensesneg Pratikno melalui pesan singkat di Jakarta.

Sebelumnya, Wakil Presiden Terpilih yang juga putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, tampak menjemput Prabowo Subianto di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Minggu (13/10).

Selanjutnya, keduanya menumpangi mobil menuju kediaman Presiden Joko Widodo di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, dan tiba di lokasi tujuan pada pukul 14.15 WIB.

Sebelum melakukan pertemuan, Gibran menjemput Prabowo di Bandara Adi Soemarmo Solo. Selanjutnya, mereka menumpangi mobil menuju kediaman Presiden Joko Widodo di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Prabowo - Gibran tiba di kediaman Jokowi pada pukul 14.15 WIB.

Saat tiba, Prabowo sempat melambaikan tangan kepada wartawan. Meski demikian, tidak ada pernyataan yang diberikan oleh keduanya kepada wartawan.

Sebelumnya, saat melakukan blusukan di Pasar Ampel, Boyolali, Minggu pagi Gibran membenarkan rencana pertemuan tersebut. Meski demikian, ia enggan menyampaikan topik apa saja yang dibahas oleh mereka.

Pertemuan antara Prabowo - Gibran dan Jokowi terjadi di tengah kabar keretakan hubungan antartokoh jelang pergantian kepemimpinan. Prabowo disebut-sebut terganggu dengan Jokowi yang dikabarkan turut mengintervensi penyusunan kabinet yang tengah disusun Prabowo. Namun, kabar ini sudah dibantah oleh Jokowi maupun Prabowo.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengungkit momen saat melaksanakan pertemuan makan malam selama 2,5 jam dengan Prabowo. Mereka membicarakan banyak hal yang menyangkut soal politik dan ekonomi. Dia menyebut di pertemuan itu dirinya tidak memberikan masukan soal kabinet.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...