Sri Mulyani Pastikan Lanjut Jadi Menteri Keuangan, Sudah Diminta Prabowo

Ade Rosman
14 Oktober 2024, 21:21
sri mulyani, prabowo, menteri keuangan
Katadata/Rahayu Subekti
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat sesi doorstop dengan para wartawan di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (4/10).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Sri Mulyani telah bertemu Presiden terpilih Prabowo Subianto malam ini. Usai bertemu Prabowo, Sri memastikan akan kembali menjadi Menteri Keuangan di kabinet berikutnya.

"Untuk pembentukan kabinet, beliau (Prabowo) meminta saya untuk menjadi Menteri Keuangan kembali," kata Sri Mulyani di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10).

Ia mengaku kerap diajak berdiskusi oleh Prabowo terkait keuangan negara karena untuk menyiapkan APBN 2025. Tujuannya untuk mengetahui gambaran apa saja yang menjadi prioritas serta arahan dari Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Bendahara negara itu mengatakan belakangan kerap berkonsultasi juga berdiskusi terkait langkah untuk memperkuat Kementerian Keuangan dan keuangan negara untuk dapat mendukung program-program pemerintah selanjutnya.

Beberapa yang kerap dibahas antara lain penerimaan negara, belanja, transfer ke daerah, hingga investasi negara yang perlu dioptimalkan.  "Juga berbagai investasi yang dilakukan terus ditingkatkan kualitasnya agar efektif menjadi manfaat kepada masyarakat," katanya.

Sri Mulyani datang pada pukul 19.30 WIB dengan mengenakan batik berwarna cokelat. Ia hadir lima menit sebelum Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Ia langsung disambut ajudan Prabowo, Mayor Teddy sebelum masuk ke ruangan.

Kabar bakal bertahannya Sri Mulyani di kursi Menteri Keuangan sudah berhembus kencang sejak pekan lalu. Pemicunya adalah semakin besar potensi bergabungnya PDI Perjuangan ke dalam koalisi pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Nama Sri Mulyani masuk dalam daftar calon menteri yang disodorkan PDIP kepada Prabowo. “Sri Mulyani didukung oleh Megawati (Ketua Umum PDIP) untuk kembali menjabat Menteri Keuangan,” kata dua sumber Katadata.co.id di lingkaran partai politik, akhir pekan lalu.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...