Budiman Sudjatmiko Masuk Kabinet Prabowo, Diminta Berantas Kemiskinan

Ade Rosman
15 Oktober 2024, 15:28
budiman sudjatmiko, prabowo, kabinet prabowo
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Politikus Budiman Sudjatmiko memberikan keterangan pers sebelum menghadiri perayaan ulang tahun ke-72 Prabowo Subianto di Jakarta, Selasa (17/10/2023).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Budiman Sudjatmiko menyambangi kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10). Ia mengaku akan membantu Prabowo di kabinet mendatang.

Usai berada di dalam kediaman Prabowo sekira 15 menit, bekas pokitikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengaku berbicara mengenai kemiskinan di Indonesia.

"Membicarakan tentang problem kemiskinan yang masih merata baik di kota maupun di desa, yang menyebabkan kurang gizi, menyebabkan terjadinya stunting, menyebabkan terjadinya ketertinggalan kita di berbagai aspek kehidupan," kata Budiman di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10).

Budiman mengatakan, dirinya dan Prabowo memiliki pandangan yang sama yakni benci terhadap kemiskinan karena menjadj akan permasalahan lainnya. Atas dasar itu, ia mengatakan Prabowo meminta bantuannya untuk mengentaskan kemiskinan.

"Pak Prabowo tadi mengatakan meminta saya agar saya menemani beliau secara reguler di Kompleks Istana untuk mengoordinasikan bagaimana cara memberantas kemiskinan di Indonesia. Kira-kira begitu," kata Budiman.

Kendati demikian, Budiman tak merinci posisi yang diamanatkan Prabowo padanya itu. "Tidak terbatas sektor tertentu, wilayah tertentu, enggak, tapi berbicara soal kemiskinan di kota maupun di desa, di pantai maupun di gunung, begitu," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Budiman mengaku telah menandatangani pakta integritas, yang disaksikan langsung oleh Prabowo.

"(Isi pakta integritasnya) tidak korupsi, kompeten, dan loyal pada negara, bangsa pastinya. UUD 45, Pancasila, tidak korupsi," katanya.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...